SOLOPOS.COM - ilustrasi alam Telaga Sarangan (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Wisata alternatif di Sarangan, Magetan memiliki keindahan yang tak kalah indahnya dengan Telaga Sarangan. Inilah objek wisata tersembunyi yang layak diketahui wisatawan.

Madiunpos.com, MAGETAN–Objek wisata tersembunyi yang layak diketahui para pelancong di Kaki Gunung Lawu ialah Air Terjun Tirtosari.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Tak jauh berbeda dengan air terjun Grojogan Sewu di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, objek wisata ini juga menyajikan eksotisme air dari sumber pegunungan yang segar dan bersih.

Dari puncak pegunungan Lawu yang menjulang itulah, suara deras Air Terjun Tirtosari memercik dan berdendang.

“Lokasi lokasi Air Terjun Tirtosari hanya berjarak 2,5 kilometer dari Telaga Sarangan, tepatnya ke arah barat daya Telaga Sarangan,” jelas Kuswinardi, Kepala Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Wisata Sarangan, Magetan, Selasa (30/12/2014).

Pengunjung tak perlu takut tersesat, sebab ada banyak guide serta papan petunjuk arah ke lokasi.

Yang menarik, untuk menuju lokasi Air Terjun Tirtosari, pengunjung tak harus berjalan kaki.

Pengunjung bisa menunggang kuda sembari membayangkan kisah pasukan dari Kerajaan Madangkara menyisir hutan belantara di Lereng Lawu dengan menunggang kuda.

Selain eksotisme alam dan fantasi menunggang kuda ke lokasi, Air Terjun Tirtosari juga miliki mitos yang masih dipercayai warga setempat.

Mitos itu ialah terkait khasiat yang dimiliki air terjun.
“Konon, jika seorang kerap mandi di Air Terjun Tirtosari diyakini bisa membuat tubuh terlihat awet muda,” ujar Kus.
Penasaran ingin mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya