SOLOPOS.COM - Perangkat desa memperhatikan potonga benda purbakala berbentuk arca yang ditemukan tertimbun tanah di dekat pondasi rumahnya di Desa Kamulan, Trenggalek, Senin (15/5/2023) (ANTARA/HO - Foto warga)

Solopos.com, TRENGGALEK — Sebuah benda purbakala berbentuk potongan arca ditemukan di Desa Kamulan, Kecamatan Kamulan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Potongan arca itu sempat mau dihancurkan warga, tetapi pukulan batu tidak mempan dan arca masih utuh.

Warga yang menemukan arca itu, Slamet Riyadi, mengatakan penemuan potongan arca itu bermula saat dirinya mendapatkan mimpi tanah amblas di belakang rumah. Atas mimpi itu, dia kemudian menggali tanah dekat pondasi rumahnya dan ternyata ada bongkahan batu berbentuk arca.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Saat ditemukan itu, potongan arca itu sempat hendak dihancurkan menggunakan palu berukuran besar.

Hal ini dilakukan karena saat itu Slamet tidak mengetahui jika benda yang ditemukan adalah arca. Ia mengira itu adalah pecahan batu biasa.

Karena tidak mempan dipalu, benda yang dia kira batu andesit biasa itu lalu diangkat dari galian yang dibuat bersama seorang kuli bangunan tetangganya.

Setelah berhasil diangkat, Slamet baru menyadari bahwa benda yang dia angkat adalah potongan arca.

“Benda itu dibersihkan dan saya segera lapor ke Pak Lurah [kepala desa]. Tidak ada keanehan, bagus lho arcanya. Saya melihatnya sampai merinding,” tuturnya, Senin (15/5/2023).

Dia mengaku bersama tetangganya sempat memukul arca tersebut dengan palu seberat lima kilogram sampai tiga kali. Namun, arca tersebut tetap utuh.

“Penasaran saya ambil dan ternyata potongan arca. Potongan arca itu ditemukan di sekitar kedalaman satu meter,” kata dia.

Perangkat Desa Kamulan, Mujayin, mengatakan penemuan benda purbakala itu akan dilaporkan ke pemerintah daerah setempat.

Untuk sementara waktu, benda purbakala itu disimpan di kantor desa untuk meminimalisir kerusakan akibat ulah tangan-tangan jail.

“Sementara waktu disimpan di kantor desa, sambil kita menunggu langkah selanjutnya seperti apa,” ujarnya.

Penemuan benda purbakala itu bukan pertama kalinya terjadi di wilayah Kamulan.

Beberapa waktu sebelumnya, warga juga pernah menemukan beberapa prasasti maupun pernak-pernik kerajaan tempo dulu. di antaranya adalah struktur batu bata kuno dan sebuah lingga tak jauh dari penemuan arca oleh Slamet tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya