SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru. (freepik)

Solopos.com, PONOROGO — Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, sampai saat ini masih kekurangan sebanyak 1.340 tenaga guru atau pendidik. Kekurangan guru ini tersebar di sekolah jenjang SD dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Nurhadi Hanuri, mengatakan ketimpangan jumlah tenaga guru dibanding sebaran sekolah dasar maupun sekolah menengah pertam di Ponorogo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Dari data kami per 31 Desember 20233, jumlah kekurangan guru di daerah ini mencapai 1.340 orang,” kata dia, Minggu (30/7/2023).

Kendati di Kabupaten Ponorogo baru saja dilantik 541 guru honorer menjadi ASN melalui status pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), menurut Nurhadi masih terjadi kekurangan tenaga pendidik hingga seribu orang lebih.

“Memang di Kabupaten Ponorogo itu masih banyak kekurangan guru, tapi lembaga pendidikan perkembangannya sangat masif,” katanya yang dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan untuk posisi jabatan kepala sekolah masih ada 40 yang kosong, tenaga guru kelas sebanyak 812 orang, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 297 orang, dan guru olahraga sebanyak 191 orang.

“Itu secara keseluruhan meliputi jenjang SD mampu SMP di bawah naungan dindik,” katanya.

Ia mengatakan kekurangan tenaga pendidik tersebut juga menjadi salah satu faktor penyebab sejumlah sekolah di Ponorogo kekurangan murid.

Pasalnya jika sekolah kekurangan guru maka satuan pendidikan tersebut tidak maksimal, sehingga masyarakat enggan menyekolahkan di sekolah tersebut.

“Jika kekurangan guru ini tidak diselesaikan tidak menjawab permasalahan. Dampak masyarakat tidak minat ke sekolah karena gurunya tidak maksimal,” urai Nurhadi.

Selain itu, pihaknya juga tidak bisa mempertahankan jika ada sekolah kekurangan murid setiap tahunnya. Sebab jika terus beroperasi biaya operasional sekolah tersebut juga tinggi.

Oleh sebab itu dirinya berharap kepada satuan pendidikan untuk terus berinovasi meski di tengah keterbatasan yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya