SOLOPOS.COM - Lele Dumbo Sangkuriang (Kimcitratarunakenanga.blogspot.com)

Usaha lele sebagai bisnis rumahan rupanya cukup menggiurkan. Salah satunya yang dilakukan warga Kota Madiun ini.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Seorang warga Jalan Minak Koncar Gang I, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo Kota Madiun, S Dharmanto, menjadikan ikan lele sangkuriang sebagai usaha rumahan. Hasilnya cukup menggiurkan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Seperti dilansir Kimcitratarunakenanga.blogspot.com, ikan lele yang dipanen Dharmanto sangat fantastis. Rata-rata, seekor lele memiliki berat lebih dari satu kilogram. Bahkan ada ikan lele yang lebih dari dua kilogram.

Tak jarang, ditemukan ikan lele dengan ukuran besar kepala sekepalan tangan orang dewasa dengan panjang rata-rata 40 cm sampai 50 cm. Bahkan, ikan terbesarnya menjadi maskot hadiah lomba manding memeringati Hari Kartini beberapa waktu lalu.

Menurut Dharmanto, bibit lele Sangkuriang ia dapatkan dari Kwadungan Ngawi. Ia mencoba membudidayakan ikan lele Sangkuriang itu dengan perawatan baik.

Ide-ide kreatif warga seperti inilah yang diharapkan mampu berkembang di masyarakat dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sekedar diketahui, ikan lele Sangkuriang termasuk golongan ikan lele dumbo. Perbandingan yang paling mencolok antara ikan lele dumbo dengan ikan lele Sangkuriang adalah kemampuan bertelur ikan lele Sangkuriang yang mencapai 40.000-60.000 per kg induk betina dibanding lele dumbo yang hanya 20.000-30.000.

Derajat penetasan telur dari ikan lele Sangkuriang lebih dari 90% sedangkan lele dumbo 80%.

Dilihat dari pertumbuhannya, pembesaran harian ikan lele Sangkuriang bisa mencapai 3,53% sedangkan lele dumbo hanya 2,73%.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya