SOLOPOS.COM - Petugas BNPB meninjau rumah warga yang rusak akibat gempa bumi M 5,1 di Jember, Kamis (16/12/2021). (Solopos.com-BNPB)

Solopos.com, JEMBER — Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan pemutakhiran data terkait dampak gempa bumi magnitudo (M) 5,1 di Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), Kamis (16/12/2021). Dari hasil pendataan itu diketahui jika ada 31 rumah di lima kecamatan di Jember yang rusak akibat gempa bumi M 5,1 itu.

Ke-31 rumah itu mengalami kerusakan beragam, mulai dari rusak ringan hingga rusak berat. Perinciannya 1 unit rumah rusak berat, 8 rumah rusak sedang, dan 22 rumah rusak ringan. Selain itu terdapat 1 pondok pesantren (ponpes) dan 1 Balai Desa Wonoasri yang rusak ringan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Lima kecamatan yang terdampak gempa bumi yakni Desa Ambulu, Desa Sumberejo, Desa Andongsari, Desa Sabrang di Kecamatan Ambulu. Kemudian, Desa Wonoasri, Desa Pondokrejo, Desa Curahnongko, Desa Sidodadi di Kecamatan Tumperejo. Kemudian Desa Dukuhdempok, Desa Kesilir, Desa Lojejer, Desa Tanjungrejo di Kecamatan Wuluhan; Desa Sidomulyo di Kecamatan Silo dan Desa Jambuarum di Kecamatan Puher,” tulis Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Kamis.

Baca juga: Dampak Gempa M 5,1 di Jember, 12 Rumah Rusak dan 4 Orang Luka-Luka

Sebagai upaya percepatan penanganan darurat, pemerintah daerah, tim BPBD Kabupaten Jember dan unit terkait langsung mendatangi lokasi untuk melakukan pendataan dan pendistribusian bantuan logistik kepada warga terdampak.

Berdasarkan catatan BMKG, Kabupaten Jember sebelumnya pernah diguncang gempa dengan skala magnitudo 5,3 dengan pusat gempa berada pada kedalaman 10 km, Senin (13/12/2021). Menyikapi hal ini, BNPB mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada.

Sebelumnya diberitakan Solopos.com, gempa bumi M 5,1 yang terjadi di Jember, Kamis pagi, tersebut menyebabkan 12 rumah di Desa Sumberejo mengalami kerusakan. Selain rumah, empat orang warga di desa tersebut juga mengalami luka-luka akibat terdampak gempa bumi.

“Beberapa rumah dilaporkan mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Ada di beberapa kecamatan, tetapi kami terus melakukan pendataan,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo, dikutip Antara.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 5,1 di Jember, Terasa Hingga Lumajang

Sementara itu, empat orang yang mengalami luka-luka itu dikarena tertimpa reruntuhan bangunan akibat gempa bumi M 5,1 di Jember. “Ada empat orang mengalami luka-luka akibat gempa dan satu di antara patah tulang. Sudah mendapat perawatan di rumah sakit,” kata Bupati Jember, Hendy Siswanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya