SOLOPOS.COM - Penandatangaan MoU dan dilanjut Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Teknik Unipma dengan sejumlah instansi, Selasa (7/6/2022). (Istimewa/Unipma)

Solopos.com, MADIUN — Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun (Unipma) menggandeng dunia industri dan instansi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Nantinya, para mahasiswa Fakultas Teknik Unipma bisa menjalani magang industri di beberapa instansi swasta maupun pemerintah tersebut.

Dalam kerja sama itu, Unipma bersama sembilan instansi kemudian melakukan Memorandum of Agreement (MoA) atau nota kesepakatan, Selasa (7/6/2022).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dekan Fakultas Teknik Unipma, Nasrul Rofiah Hidayati, mengatakan ada empat poin yang ditandatangani dalam kerja sama tersebut, yaitu join riset, join pengabdian masyarakat, magang industri bagi mahasiswa, dan praktisi mengajar.

Empat poin ini menjadi penting untuk meningkatkan kompetensi dan melihat kebutuhan perguruan tinggi dan duani industri.

Baca Juga: Puluhan Calon Haji Asal Madiun Terbang ke Tanah Suci Rabu Malam

Mengenai riset, kata dia, nantinya dosen-dosen dari Unipma akan melakukan penelitian untuk menemukan masalah dalam suatu industri.

“Semisal di industri membutuhkan hasil riset terkait limbah, kita akan turun untuk melakukan penelitian mengenai masalah itu. Tentunya permasalahan sesuai kepakaran dosen di Fakultas Teknik Unipma,” jelas dia.

Begitu juga untuk pengabdian masyarakat, dosen maupun mahasiswa bisa melakukan pengabdian di instansi yang terlibat dalam kerja sama ini.

Baca Juga: Pemkot Madiun Siapkan Rp1,7 Miliar untuk Seragam Gratis Murid Baru

Untuk magang industri, program ini khusus bagi mahasiswa yang akan melakukan magang pendidikan di dunia industri. Dengan adanya kerja sama ini, tentu kuota yang disediakan untuk program magang Fakultas Teknik lebih luas.

“Begitu juga untuk praktisi mengajar. Nantinya akan ada praktisi dari industri yang mengajar di sini. Sehingga mahasiswa mengetahui secara riil kemampuan seperti apa yang dibutuhkan industri,” terangnya.

Saat ini mahasiswa di Fakultas Teknik Unipma ada sebanyak 400 orang. Setiap tahun rata-rata ada sebanyak 150 mahasiswa baru. Untuk jurusan yang paling banyak diminati adalah Teknik Informatika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya