SOLOPOS.COM - ilustrasi ular piton (19/12/2014). (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Ular piton di salah satu permukiman warga Tuban bikin geger. Sejumlah ternak warga dimangsa binatang melata tersebut.

Madiunpos.com, TUBAN –Sejumlah ular piton berukuran besar berkeliaran di pemukiman warga di wilayah perbukitan kapur Dusun Ngroto, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding,Tuban. Sejumlah hewan melata itu bahkan telah memangsa sejumlah ternak warga.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Munculnya reptil besar itu cukup meresahkan warga sekitar karena telah memangsa banyak hewan ternak. Sejauh ini enam ekor ular berukuran panjang rata-rata 5 meter telah berhasil ditangkap warga yang melakukan perburuan.

“Sudah ada enam ekor (ular) yang tertangkap, satu mati dipukuli warga ramai-ramai, lainnya sudah laku dilelang,” ujar Kuswando (31), warga yang menangkap ular phyton kepada detikcom, Kamis (5/2/2015).

Menurut Kuswando, sejak musim penghujan datang, tiba-tiba saja banyak terlihat ular besar berkeliaran di kampungnya. Ular-ular tersebut memakan ternak warga seperti ayam dan unggas. Kuswando mengaku empat ekor ayam miliknya juga menjadi korban ular-ular lapar itu.

“Punya saya empat ekor dimakan. Jadi saya sengaja buat jebakan menggunakan jaring ini. Eh…ternyata kena jebak,” ungkapnya sambil menunjukan jaring yang berisi ular piton sepanjang 5 meter.

Ular keenam yang ditangkap Kuswando itu kini menjadi tontonan warga. Untuk menghindari agar tidak menggigit, warga memplester mulut ular. “Ini masih gesit, bahaya kalau dilepas,” terangnya.

Ular serupa diduga masih banyak bersembunyi dan akan muncul memangsa ternak jika lapar. Untuk itu perburuan masih akan terus dilakukan warga, karena ditakutkan ular sanca itu juga akan menyerang anak-anak dan balita.

“Sepertinya masih banyak lagi ular di daerah sini. Untuk yang ini (ular) rencananya akan saya lelang kalau ada yang mau,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya