SOLOPOS.COM - Ilustrasi sekolah.(JIBI/Dok)

Ujian Nasional 2016 tingkat SMP di Ponorogo diikuti 13.716 siswa.

Madiunpos.com, PONOROGO — Sebanyak 13.716 siswa dari 170 SMP/sederajat di Ponorogo akan mengikuti Ujian Nasional (UN), Senin-Kamis (9-12/5/2016). Ke-170 sekolah itu terdiri atas 91 SMP negeri/swasta, 77 MTs negeri/swasta, dan dua SMP Luar Biasa.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kasi SMP Dinas Pendidikan Ponorogo, Adi Purwanto, menyampaikan dari 170 sekolah yang menjadi penyelenggara UN tahun ini, ada satu sekolah yang sudah menjalankan UN Berbasis Komputer (UNBK), yakni MTs Negeri Sampung.

“Hanya MTs N Sampung yang melakukan UNBK, sedangkan sekolah lainnya masih menggunakan sistem manual atau kertas,” kata dia kepada wartawan, Selasa (3/5/2016).

Adi menyampaikan seluruh peserta UN telah mengikuti latihan ujian atau try out yang diselenggarakan sekolah dan Disdik Ponorogo. Seluruh peserta akan menjalani UN selama empat hari dengan empat mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Dia menambahkan seluruh naskah UN sebanyak 244 boks telah dikirimkan ke Disdik Ponorogo. Saat ini, seluruh naskah soal UN tersimpan di gedung Candika Ponorogo dan mendapat pengawalan ketat dari kepolisian.

Pada Sabtu (7/5/2016), naskah UN akan dikirim ke 29 sub-rayon se-Ponorogo. “Biasanya setelah di sub-rayon, nanti masing-masing sekolah akan mengambil naskah UN ke sub-rayon,” jelas dia.

Ia menambahkan peserta UN dari SMP LB ada sembilan anak, yakni tujuh peserta dari SMP LB Pertiwi dan dua peserta dari SMP LB Panti Siswa.

“Ada beberapa sekolah yang belum bisa menyelenggarakan UN kemudian bergabung dengan sekolah yang bisa menyelenggarakannya. Biasanya itu sekolah kecil dengan jumlah siswa yang sedikit,” ujar Adi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya