SOLOPOS.COM - Pulau Selayar, salah satu destinasi wisata di Pulau Bawean, Gresik. (disparbud.gresikkab.go.id)

Solopos.com, GRESIK — Pulau Bawean bisa disebut surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Keindahan alam di pulau tersebut sangat layak dikunjungi dan menjadi tempat healing.

Ada belasan tempat wisata alam di Pulau Bawean yang bisa menjadi jujukan. Wisata alam di Pulau Bawean terdiri dari pantai, pulau, pemandangan bawah laut, danau, dan lainnya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Berikut ini ada tujuh wisata alam di Pulau Bawean dengan mengandalkan pesona pantai dengan pasir putihnya, pulau yang estetik, terumbu karang, hingga pemandangan bawah laut yang memesona. Dilansir dari disparbud.gresikkab.go.id, berikut ini tujuh tempat yang direkomendasikan saat Anda berkunjung ke Pulau Bawean:

 

  1. Pulau Noko Selayar

Pulau tak berpenghuni ini menyimpan begitu banyak keindahan yang tidak ada duanya di Pulau Bawean. Pasirnya yang purih bersih serta lautnya yang biru dan bening menjadi pemandangan yang menakjubkan di pulau ini.

Di pulai ini, pengunjung akan dimanjakan dengan hiasan alam bawah laut yang mempersona, bunga karang yang indah, serta ikan-ikan yang berenang bebas di bawah laut yang bisa dilihat secara langsung.

Saat air laut sedang surut, pengunjung bisa berjalan kaki mengelilingi pulau ini sambil menunggu senja tiba, karena sunset di pulai ini sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Pulau Bawean, Surga Tersembunyi di Gresik Jawa Timur

  1. Pantai Mombhul

Pantai ini menjadi salah satu magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bawean. Pantai ini tergolong baru, namun pesona mampu menarik minat wisatawan.

Pantai Mombhul yang berada di Kecamatan Sangkapura ini memiliki luas sekitar 45 hektare. Rencananya wahan wisata buatan ini akan dilengkapi dengan berbagai wahan seperti penangkaran rusa mini, penyu, water boom, kolam air laut, dan sebagainya.

pulau bawean gresik
Pantai Pulau Selayar, salah satu destinasi wisata di Pulau bawean, Gresik. (disparbud.gresikkab.go.id)
  1. Bawean Under Water

Bawean bukan hanya memiliki pantai yang indah saja, tetapi juga memiliki pesona alam bawah laut yang terkenal sangat indah akan terumbu karangnya. Bahkan menurut salah satu hasil tim penelitian IPB dan Unibraw, terumbu karang di lautan Bawean merupakan jenis terumbu karang berkualitas unggul di dunia.

Pesona alam bawah laut ini biasanya bisa dinikmati di perairan Pulau Cinta yang ada di Des aTeluk Jati Dawang, Kecamatan Tambak dan Pulau Gili Bawean. Wisatawan dapat menikmatinya dari aats permukaan laut dengan naik perahi maupun langsung di dalam air dengan snorkeling dan diving.

 

  1. Pantai Tanjung Ghe’en

Tanjung Ghe’en atau yang biasa disebut Tanjung Gaang berada di Dusun Somor-Somor Tanjung Kima di Desa Komalasa. Tanjung Ge’en berada kurang lebih 8 km dari Sangkapura.

Untuk menuju ke Somor-Somor disarankan menggunakan sepeda motor karena jalan menuju ke sana berkelok-kelok. Tanjung Gaang merupakan hamparan batu karang yang sangat luas di atas laut jernih berwarna biru. Saking jernihnya, pengunjung bisa melihat karang dan berbagai jenis ikan di antara terumbu karang di dalam laut.

pulau bawean gresik
Tanjung Gheen menjadi salah satu objek wisata di Pulau Bawean. (disparbud.gresikkab.go.id)
  1. Pantai Pulau Selayar

Pulau ini merupakan sebuah gundukan menyerupai bukit yang ada di tepi laut tepatnya di wilayah Dusun Taubat, Kecamatan Sangkapura, Bawean, Kabupaten Gresik.

Pulau ini adalah salah satu pulau tak berpenghuni. Pengunjung dapat mencapai Pulau Selayar ini dengan hanya berjalan kaki menyeberangi laut pada saat air laut sedang surut.

Di tepi laut sekitar pulau terdapat pantai yang cukup menarik karena pasirnya yang lembut serta pemandang alam lainnya seperti sederet pohon mangrove dan pohon kelapa di sepanjang bibir Pantai Selayar.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan matahari terbit sambil menikmati segarnya angin pantai dan segarnya air kelapa muda yang ada di dekat pantai.

 

  1. Pulau Cina

Pulau ini merupakan salah satu andalan wisata bawah air di Pulau Bawean. Pulau yang berada di wilayah Desa Teluk Jati Dawang Kecamatan Tambak ini letaknya dekat dengan jalan lingkar Bawean.

Untuk menuju ke pulau ini, pengunjung bisa menggunakan perahu selama 15 menit. Pulau Cina ini memiliki keanekaragaman habitat laut yang mampu memanjakan mata wisatawan. Khususnya bagi penikmat snorkling dan diving.

 

  1. Pantai Ria

Lokasi pantai ini berada di Dekatagung, Kecamatan Sangkapura. Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai-pantai lain di Pulau Bawean. Di pinggir pantainya bisa dijumpai bebatuan karang hitam yang menjulang tinggi. Selain itu, tidak terdapat hamparan pasir putih atau debur ombak. Air lautnya juga jernih dan berwarna kehijauan. Pemandangan yang terlihat dari Pantai Ria adalah kapal-kapal nelayan yang berlabuh di pinggiran.



pulau bawean gresik
Pantai Ria, salah satu objek wisata di Pulau Bawean, Gresik. (disparbud.gresikkab.go.id)

Tujuh tempat wisata itu merupakan sebagian dari objek wisata yang ada di Pulau Bawean. Selain tujuh objek wisata tersebut, masih ada tempat lain yang sayang untuk tidak dikunjungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya