SOLOPOS.COM - Kondisi rumah Slamet, warga Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (13/4/2023). Korban Slamet meninggal dunia setelah rumahnya tertimpa tanah longsor. ANTARA /HO-BPBD Kabupaten Blitar

Solopos.com, BLITAR — Tanah longsor menerjang Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Satu orang meninggal tertimpa reruntuhan bangunan dan tanah longsor.

Kapolsek Gandusari, AKP Heru Susanto, mengatakan hujan deras mengguyur sejak Kamis dini hari hingga pagi membuat struktur tanah menjadi labil sehingga terjadi tanah longsor di Desa Semen.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Sejak dini hari sekitar jam 02.00 WIB hujan deras dan lama di wilayah Gandusari, paginya sekitar 05.30 WIB tebing setinggi 20 meter longsor  menimpa rumah korban,” katanya di Blitar, Kamis (13/4/2023).

Dia menuturkan material tanah bercampur air menimpa bagian dapur dan kamar. Korban meninggal dan istrinya sedang beristirahat di kamar tersebut.

Korban bernama Slamet yang meninggal itu kondisinya sakit stoke dan tidak bisa menyelamatkan diri saat bencana tersebut menerjang. Sedangkan istrinya berhasil menyelematkan diri dengan keluar dari rumah.

“Pemilik rumah posisinya sedang tidur dan kebetulan ia sakit stroke sudah lama. Kalau ibunya [istri korban] sempat lari,” kata dia.

Pihaknya dengan personel dari BPBD Kabupaten Blitar dibantu warga membantu mengevakuasi tubuh korban. Ia ditemukan meninggal dunia tertimpa reruntuhan.

Petugas kemudian membersihkan jenazah dan kemudian disalatkan. Keluarga juga langsung memakamkan korban di tempat pemakaman tak jauh dari rumahnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Ivong Bettryanto mengatakan hujan deras memang terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Blitar. Selain di Desa Semen, Desa Gandusari, terdapat sejumlah daerah yang juga mengalami longsor.

“Ada beberapa titik namun tanah longsor menimpa jalan. Saat ini tim masih asesmen untuk lokasi longsornya,” kata Ivong.

Ia juga mengimbau warga berhati-hati dan mencari lokasi yang aman jika hujan terjadi lebih dari dua jam dengan intensitas tinggi. Hal itu sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti longsor dan meminimalisir korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya