SOLOPOS.COM - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) memasan mobile BTS untuk memperkuat sinyal saat Lebaran 2023 di Rest Area 627A Saradan, Kabupaten Madiun. (Istimewa/Indosat Ooredoo Hutchison)

Solopos.com, MADIUN — Penggunaan data internet selama periode Lebaran diperkirakan meningkat tajam. Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) memprediksi kenaikan trafik data tertinggi mencapai 20% pada saat Lebaran dibandingkan hari biasa.

Peningkatan trafik data ini karena meningkatnya penggunaan berbagai aplikasi dan media sosial saat momen Lebaran, seperti YouTube, TikTok, Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lainnya. Selain itu, pada Lebaran tahun ini mobilitas masyarakat juga diprediksi semakin meningkat dibandingkan Lebaran dua tahun sebelumnya.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Kalau dulu orang mengucapkan selamat Lebaran kan hanya melalui SMS dan telepon. Tapi sekarang kan tidak. Masyarakat mengucapkan selamat Lebaran lewat video dan gambar kemudian diunggah ke media sosial. Selain itu, juga banyak warga yang memanfaatkan video call lewat WA dan lainnya,” kata SVP Head of Service Operations & End to End Optimization Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), Aan Suwandoko, kepada wartawan saat memastikan sinyal di jalur mudik di tol Madiun-Surabaya, rest area 627A Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Rabu (12/4/2023).

Aan menuturkan Indosat telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi peningkatan tersebut serta menambah kapasitas data lebih dari 30% untuk lonjakan trafik data harian. Hal ini merupakan bagian dari komitmen dan dukungan Indosat untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan dalam menyambut Idulfitri.

Dia menyampaikan peningkatan trafik diprediksi terjadi di sejumlah daerah yang menjadi destinasi utama mudik Lebaran, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Untuk itu, mengenai peningkatan trafik ini akan dipersiapkan dengan pengecekan sinyal. Salah satunya di sepanjang jalur tol Trans Jawa.

“Kami upayakan saat nanti ada peningkatan penggunaan data saat Lebaran, pengguna bisa menikmati layanan dengan lancar,” ujar dia.

Untuk mendukung penguatan sinyal, pihaknya juga menambah dua unit mobile BTS di sepanjang jalan tol di wilayah Jawa Timur. Salah satunya ditempatkan di Rest Area 627A Saradan.

Aan menuturkan saat ini Indosat telah mencapai 100 persen dalam mengintegrasikan jaringannya dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) yang dilakukan di lebih dari 46.000 sites di seluruh Indonesia. Integrasi sites ini selesai sesuai target satu tahun pada akhir Maret lalu.

“Kini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan. Kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32% populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20% pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming,” terangnya.

Untuk memperkuat pelayanan, kata dia, Indosat akan mengaktifkan command center fisik terpusat sejak H-3 Lebaran dengan menyiapkan 2.000 petugas teknis yang akan bersiaga sepanjang waktu.

“Intinya kami siap melayani pelanggan saat Lebaran. Tim Indosat Network Operation Center dan Indosat Service Operation Center akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24 jam,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya