SOLOPOS.COM - SAR gabungan saat menyisir kawasan perairan di selatan Kabupaten Blitar dan Tulungagung (ANTARA/HO - Basarnas Pos SAR Trenggalek)

Solopos.com, TRENGGALEK — Tim SAR menghentikan operasi pencarian delapan nelayan yang menjadi korban kecelakaan laut dari dua kapal pencari ikan asal pesisir Teluk Prigi di Pantai Gayasan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Penghentian pencarian korban ini setelah tim SAR melakukan pencarian selama tujuh hari pertama dan tambahan waktu dua hari. Namun, selama masa pencarian itu, tim tidak mendapatkan hasil.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Sesuai SOP [Standar Operational Procedure], pencarian di tujuh hari pertama dan tambahan waktu dua hari hasilnya tetap nihil. Jadi operasi SAR kami nyatakan ditutup,” kata Koordinator Basarnas Pos SAR Trenggalek, Yoni Fariza di Trenggalek, Minggu (17/9/2023).

Dia menyampaikan pemantauan tetap akan dilakukan. Namun tidak dalam skema operasi pencarian khusus. Petugas SAR gabungan juga telah dibubarkan dan dikembalikan ke satuan masing-masing.

Yoni memastikan pihaknya tetap melakukan pemantauan jika sewaktu-waktu ada informasi perihal keberadaan korban.

Untuk itu, dia meminta kepada seluruh nelayan yang beroperasi di perairan Jawa bagian selatan untuk menginformasikan jika sewaktu-waktu menemukan korban.

“Kami sudah berupaya untuk mencari korban. Terima kasih tim SAR dari berbagai unsur maupun para nelayan yang sudah melakukan pencarian. Untuk keluarga korban yang hilang semoga diberikan kesabaran, apapun keadaannya semoga korban segera ditemukan,” katanya yang dikutip dari Antara.

Sebelumnya kecelakaan laut menimpa 23 Anak Buah Kapal (ABK) yang beroperasi di Pelabuhan Prigi Trenggalek.

KM Mandala yang mereka tumpangi terhempas ombak di Pantai Gayasan, bagian barat Pantai Tambakrejo di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Sebanyak 15 ABK berhasil menyelamatkan diri, sementara delapan orang dilaporkan hilang dan belum diketemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya