SOLOPOS.COM - Salah satu mobil yang dirusak oleh sekelompok orang tidak dikenal di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. (ANTARA/HO-Medsos)

Solopos.com, JEMBER — Polisi menyampaikan teror pembakaran rumah di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur kembali terjadi pada Kamis (4/8/2022) malam.

Kapolsek Silo, AKP Suhartanto, membenarkan peristiwa pembakaran rumah kembali terjadi Kamis malam. “Memang benar terjadi aksi pembakaran lagi di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo,” katanya dalam pesan singkat, Jumat (5/8/2022).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Padahal, rombongan Wakil Bupati Jember M. Balya Firjaun Barlaman, Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo, dan Dandim 0824 Letkol Inf Batara C. Pangaribuan sempat mendatangi lokasi pada Kamis. Mereka melihat kondisi di lapangan dan menenangkan warga agar situasi kondusif.

Hal senada disampaikan anggota DPRD Jember, Tabroni, perihal peristiwa tersebut. “Saya tadi sudah ke lokasi pembakaran dan perusakan sejumlah rumah warga. Baru sampai di kota Jember malam hari, mendapat kabar ada pembakaran [lagi] di sekitar lokasi yang sama,” tuturnya.

Ia meminta Polres Jember maupun Polres Banyuwangi menindak tegas teror sekelompok orang terhadap rumah warga di Dusun Baban Timur dan dusun lainnya. Dia khawatir teror tersebut membuat warga resah.

Baca Juga : Mencekam! Desa di Jember Diserang, 7 Rumah Rusak & 25 Motor Dibakar

“Suasana sangat mencekam di sana karena warga takut rumahnya menjadi sasaran yang dibakar oleh sekelompok warga dari Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi,” ujarnya.

Legislator PDI Perjuangan itu meminta negara hadir memberikan perlindungan dan keamanan bagi warga di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo.

3 Kali Teror

Rentetan teror pembakaran rumah dan kendaraan warga di Desa Mulyorejo itu diduga dilakukan sekelompok orang tidak dikenal dari Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.

Teror pembakaran rumah dan kendaraan itu terjadi sebanyak tiga kali, yakni pada 3 Juli 2022, 30 Juli 2022, dan 3 Agustus 2022.

Baca Juga : Perahu Dihantam Ombak di Laut Jember, 1 Meninggal & 2 Nelayan Selamat

Pada 3 Juli 2022, terjadi perusakan dan pembakaran enam rumah warga, gedung sekolah, poskamling, kendaraan roda dua, dan perabotan rumah di Dusun Patungrejo, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo. Pelaku sebanyak 20 orang tidak dikenal.

Kemudian, teror pembakaran dan perusakan berulang pada 30 Juli 2022. Dampaknya empat rumah warga, satu unit mobil, beberapa unit sepeda motor, ruko, dan gudang penggilingan padi milik warga rusak karena dibakar sekelompok orang tidak dikenal.

Pembakaran terulang kali ketiga pada 3 Agustus 2022 di Dusun Dampikrejo. Akibat peristiwa itu satu unit mobil Katana dan 2 unit sepeda motor milik Qosin menjadi sasaran. Lagi-lagi, tindakan itu dilakukan oleh orang tidak dikenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya