SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus angkutan umum (JIBI/Dok)

Tarif angkutan umum di Kota Madiun belum turun meski premium dan solar sudah turun harga.

Madiunpos.com, MADIUN – Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar telah turun per 1 April 2016, namun hal itu belum diikuti penurunan tarif angkutan kota di Kota Madiun, Jawa Timur.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Terminal Purbaya Kota Madiun, Patriyana, Jumat (8/4/2016), mengatakan berdasarkan pengamatannya, sejumlah angkutan kota dan bus memang masih menggunakan tarif lama.

“Hal itu karena belum ada ketentuan dari Pemerintah Kota Madiun. Sehingga para pengelola angkutan umum dan sopirnya masih pakai tarif lama,” ujar Patriyana kepada wartawan.

Tarif lama tersebut sebesar Rp2.000 bagi penumpang berstatus pelajar dan Rp4.000 bagi penumpang umum. “Dalam waktu dekat ini pemerintah daerah setempat dan pihak terkait baru akan membahasnya untuk penurunan tarif angkutan umum,” kata dia.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Madiun, Untung Subiyanto, mengakui tarif angkutan umum di Kota Madiun belum menyesuaikan penurunan harga BBM.

“Nanti segera kami rapatkan dan bahas hal itu. Kalau kebijakan pemerintah mengharuskan tarif turun ya mau bagaimana lagi, harus diikuti,” ujar Untung.

Berdasarkan informasi yang ia terima, kata Untung, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menginstruksikan tarif angkutan umum akan turun sebesar tiga persen.

Sementara, salah seorang sopir angkutan kota, Sugiono mengaku belum menurunkan tarif angkutan karena selama ini banyak penumpang yang membayar tarifnya lebih kecil.

“Selama ini banyak penumpang yang bayar di bawah tarif seharusya. Katakanlah tarifnya ditetapkan Rp4.000, nyatanya hanya bayar Rp3.000,” ucap Sugiono.

Dia mengaku hal itu semakin menyulitkan para sopir angkutan kota, apalagi sekarang ini semakin sepi penumpang menyusul banyaknya kendaraan pribadi.

Seperti diketahui, pemerintah terhitung per 1 April lalu telah menurunkan harga BBM jenis premium dan solar. BBM jenis premium turun dari Rp6.950 menjadi Rp6.450 per liter. Sedangkan solar yang semula Rp5.650 kini menjadi Rp5.150 per liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya