SOLOPOS.COM - Petugas membersihkan rumah Bupati Jember Hendy Siswanto yang sempat terendam hingga 1 meter lebih di Kampung Ledok, Kelurahan Jember Kidul, Kabupaten Jember, Rabu (28/12/2022) malam. (ANTARA/HO-BPBD Jember)

Solopos.com, JEMBER — Rumah Bupati Jember, Hendy Siswanto, di Kelurahan Jember Kidul, Kabupaten Jember, Jawa Timur, terendam banjir setinggi sekitar 1,5 meter, Rabu (28/12/2022) malam. Sumber banjir tersebut berasal dari luapan Sungai Jompo.

“Hujan deras yang mengguyur Jember sejak siang hingga malam ini menyebabkan sejumlah lokasi terendam banjir akibat luapan air sungai,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Rumah Bupati Hendy Siswanto dan belasan warga yang berada di Kampung Ledok memang menjadi langganan banjir. Hal ini karena lokasi kampung itu berada di sebelah Sungai Jompo. Saat ini keluarga bupati dan warga setempat telah mengevakuasi diri secara mandiri.

Menurut Heru, hujan deras mengakibatkan aliran Sungai Jompo tidak dapat menampung debit air, sehingga meluap ke permukiman warga dengan ketinggian lebih dari 1 meter, termasuk di rumah Bupati Jember yang berada di lingkungan Kampung Ledok, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates.

“Tidak hanya itu, hujan deras juga mengakibatkan aliran Sungai Semangir tidak dapat menampung debit air sehingga meluap ke pemukiman warga dengan ketinggian sekitar 50-80 cm,” tuturnya.

Baca Juga: Terungkap! Motif Pria Bunuh Istri Siri di Madiun karena Terbakar Api Cemburu

Berdasarkan data Pusat Pengendali Operasional (Pusdalops) Jember tercatat ada tiga lokasi yang terdampak banjir yakni Kelurahan Jember Kidul di Kecamatan Kaliwates, Kelurahan Jember Lor di Kecamatan Patrang, Kelurahan Sempursari di Kecamatan Kaliwates, namun kemungkinan data tersebut terus bertambah seiring masih turunnya hujan deras di kabupaten setempat.

Petugas BPBD Jember juga menguras genangan air yang berada di lingkungan Kampung Ledok agar genangan air berkurang dan tidak semakin tinggi banjir yang melanda kawasan setempat.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap cuaca ekstrem dan warga yang berada di bantaran sungai untuk meningkatkan kesiagaannya karena intensitas curah hujan yang tinggi pada hari ini,” ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Warga Binaan Rutan Ponorogo Diperiksa, Petugas Temukan Benda Tajam Ini

Sementara itu, sejumlah ruas jalan di Jember tergenang banjir menyebabkan beberapa kendaraan mogok terjebak banjir dan sebagian kendaraan harus memutar mencari jalan alternatif untuk menghindari genangan banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya