SOLOPOS.COM - Kantor Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. (tulungagungdaring.id)

Solopos.com, TULUNGAGUNG — Desa Wajak yang ada di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menjadi tempat ditemukannya suku tertua di Indonesia. Di tempat ini, arkeolog menemukan salah satu manusia tertua yang menghuni wilayah tersebut dan diberi nama Homo Wajakensis.

Dikutip dari berbagai sumber, Homo Wajakensis ini ditemukan von Rietschoten pada 1889. Waktu itu fosil yang ditemukan berupa tulang paha, rahang atas, rahang bawah, tulang kering, dan fragmen tengkorak dengan volume sekitar 1.600 cc.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Para ahli menggolongkan Homo Wajakensis ini sebagai jenis manusia cerdas atau Homo Sapiens. Suku Wajak yang merupakan suku tertua di Indonesia ini ternyata memiliki persamaan dengan suku bangsa asli di Australia. Diperkirakan Homo Wajakensis ini merupakan nenek moyang suku bangsa asli di Australia. Suku Wajak ini diperkirakan telah mendiami kawasan tersebut sekitar 500.000 sampai satu juta tahun lalu.

Suku Wajak ini merupakan jenis manusia yang sudah memiliki peradaban tinggi. Salah satunya dibuktikan dengan penguburan manusia. Padahal di dalam kehidupan prasejarah masa-masa berikutnya, sistem penguburan itu baru dikenal sesudah manusia mengalami perkembangan beratus-ratus tahun lamanya atau pada zaman Batu Muda (Neolitikum).

Baca Juga: Mengenal Mojokerto, Salah Satu Kota Terkecil di Indonesia

Padahal dasar penguburan itu erat kaitannya dengan kepercayaan dalam melindungi roh-roh dari gangguan alam atau binatang buas. Sehingga bisa dikatakan suku tertua di Indonesia itu sudah mengenal usaha melindungi hidup mereka yaitu berburu untuk menjamin kelangsungan hidupnya, mendirikan tempat tinggal atau berlindung di dalam gua-gua untuk menghindari keganasan alam dan binatang buas.

Gua-gua yang menjadi tempat tinggal seperti itu dari bukti-bukti sejarah terlihat bahwa letaknya tidak jauh dari pantai atau rawa-rawa. Hal itu wajar karena sewaktu-waktu penghuni gua itu harus mencari makan berupa kerang maupun ikan. Bagi suku Wajak, rawa menjadi tempat penting untuk kehidupan mereka.

Dengan bukti demikian, jelas bahwa Tulungagung pernah dihuni oleh manusia purba yang kemungkinan menjadi nenek moyang bangsa-bangsa yang masih hidup sampai sekarang. Meski Suku Wjak menjadi suku tertua di Indonesia, tidak berarti bahwa manusia yang tinggal di Indonesia hanya dari keturunan Homo Wajakensis.

Baca Juga: Mengenal Kiai Ageng Besari, Ulama Penyebar Islam di Madiun Raya

Bangsa Indonesia sekarang adalah bangsa-bangsa yang nenek moyangnya berasal dari daerah Yunan di Cina Selatan sebelum pindah ke Indonesia mereka telah lama tinggal di daerah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya