SOLOPOS.COM - Srambang Park Ngawi. (ngawikab.go.id)

Solopos.com, NGAWI — Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, memiliki tempat wisata yang memadukan konsep wisata alam dan wisata buatan. Nama tempat wisata itu adalah  Srambang Park Ngawi.

Srambang Park menawarkan konsep all in one, yang mana menyajikan beberapa wahana wisata. Lokasi Srambang Park terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo. Mengutip dari artikel ilmiah yang berjudul Analisis Faktor Jumlah Pengunjung Obyek Wisata Srambang Park Ngawi Jawa Timur yang ditulis oleh Erni Mukti R., Joko Triwanto, Mochamad Chanan, dan Oktavia pada tahun 2021, tempat wisata ini diresmikan pada tanggal 19 Desember 2017.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pemandangan hutan pinus yang asri, eksotisme Air Terjun Srambang, kolam air, serta spot foto Instagrammable menjadi daya tarik di Srambang Park. Tempat wisata ini berada di tengah Hutan Jogorogo, sehingga banyak pohon pinus yang rimbun.

Tempat wisata ini juga telah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada 2019. Dikutip dari ngawikab.go.id, Ngrambang Park meraih dua penghargaan di ajang Anugerah East Java Culture and Tourism Award (EJTA) 2019. Dua penghargaan itu, terbaik II kategori Daya Tarik Wisata Buatan dan masuk 10 besar toilet bersih.

Di Srambang Park, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang eksotis dari Air Terjun Srambang yang memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Pengunjung bisa bermain di bawah air terjun atau hanya duduk-duduk di batuan alam di lokasi.

Menurut cerita yang dipercaya masyarakat setempat, air terjun tersebut memiliki kaitan erat dengan legenda Jaka Tarub. Konon, Air Terjun Srambang merupakan tempat pemandian para bidadari, salah satunya Dewi Nawang Wulan. Di tempat itu, Jaka Tarub dan sang dewi bertemu sekaligus berpisah. Beberapa pengunjung percaya bahwa membasuh wajah dengan air di Air Terjun Srambang maka akan membuat awet muda seperti para bidadari.

Tidak hanya air terjun, pengunjung juga dapat merasakan segarnya air di kolam renang Srambang Park. Hal ini karena kolam renang ini menggunakan air yang bersumber dari mata air Gunung Lawu sehingga terasa dingin dan menyegarkan. Wahana perosotan juga menambah keseruan pengunjung.

Bagi yang tidak ingin basah-basahan, Srambang Park juga menyediakan spot foto indah dan menarik untuk wisatawan yang gemar berswafoto. Di sana, pengunjung akan menemukan beberapa spot foto seperti taman bunga, kincir raksasa, rumah pohon, jembatan-jembatan, payung, dan balon berwarna-warni, dan masih banyak lagi. Segudang daya tarik alam yang disajikan di lahan sekitar 11 hektare ini dapat menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin berlibur.

Untuk menikmati keindahan di Srambang Park, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp20.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya menikmati berbagai spot foto dan wahana yang disediakan di sana. Selain itu, jam operasionalnya dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-17.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya