SOLOPOS.COM - Ilustrasi akses Internet cepat untuk kepentingan pendidikan. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Speedy Bojonegoro yang disediakan Kementerian Pendidikan bagi sekolah-sekolah dasar di Kecamatan Kanor tak bisa dimanfaatkan setahun terakhir. Telkom yang dilapori persoalan itu tak menanggapi.

Madiunpos.com, BOJONEGORO — Akses Internet Speedy sejumlah sekolah dasar negeri di Kecamatan Kanor, Bojonegoro, Jawa Timur yang dilayani PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sudah setahun terakhir ini tak berfungsi. Menakjubkan, meski telah setahun berlalu, Kantor Daerah Telekomunikasi (Kandatel) PT Telkom Bojonegoro menyatakan tak pernah tahu gangguan telekomunikasi itu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kenyataan atas buruknya layanan Speedy Telkom bagi sekolah-sekolah dasar di Bojonegoro itu, Selasa (12/1/2016), diungkap Kantor Berita Antara. Menurut Antara, Kepala Kandatel PT Telkom Bojonegoro Mulyaman saat dimintai konfirmasi di Bojonegoro, Selasa, hanya berjanji mengecek kebenaran informasi Internet Speedy di sekolah-sekolah dasar Kecamatan Kanor itu tidak bisa dimanfaatkan sejak setahun lalu.

“Kami belum tahu penyebab Internet SDN di wilayah Kecamatan Kanor, tidak berfungsi. Coba, saya ceknya dulu,” kata Kepala Kandatel Bojonegoro Mulyaman terkait matinya akses Internet yang telah terkadi setahun ini tersebut.

Ia mengaku akan mengecek terkait perpanjangan sewa Internet Telkom Speedy di sejumlah SDN di Kecamatan Kanor itu. Alasannya, keberadaan Internet Telkom Speedy itu merupakan program Kementerian Pendidikan, termasuk biaya sewanya. “Internet Telkom Speedy di SDN Kanor bisa saja tidak berfungsi karena Kementerian Pendidikan, tidak memperpanjang sewa Internet,” ucapnya.

Namun, ia mengaku juga akan melakukan pengecekan secara teknis terkait tidak berfungsinya Internet Speedy di sejumlah SDN di Kecamatan Kanor, kalau memang Kementerian Pendidikan masih memperpanjang sewa.

“Kami belum tahu kalau itu,” ucapnya ketika diberitahu bahwa tidak berfungsinya Internet Telkom Speedy di Kecamatan Kanor karena saluran telepon di Kecamatan Kanor yang tidak berfungsi.

Telkom Abaikan Pengaduan
Seorang guru SDN Samberan, Kecamatan Kanor, Nurhidayati, mengaku sudah berulang kali melaporkan tidak berfungsinya Internet Telkom Speedy di sekolahannya ke Telkom Kecamatan Sumberrejo. “Tapi petugas selalu menjawab, tidak berfungsinya internet telkom speedy ditempat kami, karena jaringan teleponnya rusak,” ucapnya, menegaskan.

Meskipun begitu, lanjut dia, Telkom juga tidak segera melakukan perbaikan jaringan telepon di wilayah setempat, sampai setahun berjalan. “Ya, selama setahun di SDN Samberan tidak ada Internet. Di sejumlah SDN lainnya, sebagian yang juga Internetnya terganggu sudah ada yang berfungsi,” jelas dia.

Oleh karena itu, ia kemudian melaporkan kondisi kerusakan Internet Telkom Speedy kepada Humas Telkom Jawa Timur, Ivonne Andayani, langsung ke Surabaya. “Saya sudah melaporkan kerusakan Internet Telkom Speedy di tempat kami langsung ke Humas Telkom Jawa Timur,” ucapnya, menegaskan.

Humas Telkom Jawa Timur, Ivonne Andayani, menyatakan akan segera melakukan pengecekan laporan terkait gangguan Internet Telkom Speedy di Kecamatan Kanor. “Akan kami ceknya dulu,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya