SOLOPOS.COM - Penjaga satwa menggendong dua anak singa (Panthera leo) di Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur, Selasa (30/5/2023). Dua anak singa bernama Bima dan Dona itu merupakan hasil pembiakan (breeding) dari singa jantan bernama Upin dan singa betina bernama Seruni. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/tom.

Solopos.com, SURABAYA – Kebun binatang menjadi tempat wisata yang banyak dipilih untuk wisatawan keluarga hingga anak-anak sekolah. Hal ini karena kebun binatang tidak hanya menyajikan tempat untuk rekreasi, tetapi juga menjadi tempat edukasi.

Di Jawa Timur ada berbagai kebun binatang yang tersebar di berbagai daerah. Berikut ini empat lokasi kebun binatang di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi:

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

  1. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Kebun Binatang Surabaya atau KBS merupakan taman margasatwa yang berlokasi di Jalan Setail No. 1, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Dikutip dari surabayazoo.co.id, tempat ini sempat dinobatkan sebagai kebun binatang dengan koleksi satwa terlengkap se-Asia Tenggara.

Tempat wisata ini berdisi sejak zaman penjajahan Belanda pada tahun 1916. Waktu itu Namanya Vareeninging Soerabaische Planten-en Dierentuin.

Kebun binatang ini memiliki berbagai macam spesies hewan, bahkan beberapa spesies langka seperti harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae), banteng Jawa (Bos Sondaicus), dan bekantan (Naslis Larvatus).

Bukan hanya memamerkan berbagai jenis satwa, KBS juga menawarkan banyak hiburan, seperti menaiki unta atau gajah, naik perahu mengelilingi pulau bekantan, atau mengunjungi wahana Aquanoctudio.

Dikutip dari akun Instagram Kebun Binatang Surabaya @kebunbinatangsurabaya, KBS buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan harga tiket Rp15.000 per orang.

  1. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang yang merupakan salah satu bagian dari Jawa Timur Park 2, suatu taman wisata di bawah naungan Jatim Park Group. Dikutip dari situs batusecretzoo, tempat ini telah menjaga dan memameran berbagai jenis satwa dari berbagai penjuru dunia, khususnya di benua Asia dan Afrika.

Kebun binatang ini juga menawarkan berbagai wahana, seperti Nocturnal House yang berisi spesies hewan yang aktif pada malam hari, River Adventure, taman air, dan lainnya.

Untuk masuk ke Batu Secret Zoo, pengunjung dikenai tiket masuk senilai Rp140.000. Tempat wisata ini dibuka setiap hari, mulai pukul 09.30 WIB-17.30 WIB.

  1. Jember Mini Zoo

Tempat wisata ini merupakan kebun binatang yang berlokasi di Jalan Brawijaya, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Disadur dari akun Instagram Jember Mini Zoo @jemberminizoo, tempat wisata ini dibuka pada 12 Januari 2022. Akan tetapi, tempat wisata edukasi tersebut telah dibuka sejak Mei 2021.

Satwa yang menjadi koleksi di Jember Mini Zoo, seperti hewan ternak, rusa, kura-kura, berbagai jenis burung, reptile, dan ikan. Wahana bermain di Jember Mini Zoo, ada panahan, ATV, dan lainnya.

Tempat wisata ini buka, untuk hari Senin-Kamis pada pukul 09.00 WIB-16.30 WIB, hari Jumat pukul 09.00 WIB-17.00 WIB, dan akhir pekan mulai pukul 08.00 WIB-17.00 WIB. Sedangkan tiket masuk Jember Mini Zoo seharga Rp20.000.

  1. Madiun Umbul Square

Tempat wisata ini berada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun atau perbatasan dengan Kabupaten Ponorogo. Di tempat wisata ini memiliki ratusan ekor satwa, mulai dari berbagai jenis burung, buaya, beruang, kera, rusa, dan lainnya.

Wahana wisata di Madiun Umbul Square ini juga beragam, ada roller coaster, outbound mini, sumber air belerang, kolam renang, dan lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya