SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran melakukan pembasahan pada salah satu titik di Malang Plaza, di Jalan Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur yang terbakar pada Selasa (2/5/2023). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Solopos.com, MALANG — Puluhan kios atau tempat usaha di Malang Plaza ludes terbakar dalam kejadian kebakaran yang terjadi pada Selasa (2/5/2023) dini hari.

Salah satu pemilik usaha di Malang Plaza, Widodo, 50, bercerita tempat usaha miliknya juga ikut ludes terbakar dalam musibah itu. Dari kejadian itu, dia mengalami kerugian sekitar Rp100 juta.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Widodo mengatakan dirinya berjualan pakaian pesata, tas, sepatu, dan berbagai jenis pakaian lain di pusat perbelanjaan yang tidak jauh dari Alun-alun Kota Malang, Jawa Timur tersebut. Dia menyewa kios di lantai dua Malang Plaza.

“Kerugian kurang lebih mencapai Rp100 juta. Kios saya berada di lantai dua, habis semuanya,” ujarnya.

Dia mendapatkan kabar pertama kali Malang Plaza terbakar pada Selasa dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Dia sempat tidak mempercayai kabar terbakarnya pusat perbelanjaan tersebut.

Setelah melakukan pengecekan, ia kemudian bergegas menuju Malang Plaza dan berusaha menyelamatkan barang-barang miliknya. Namun, pada saat berada di lokasi, petugas pemadam kebakaran tidak memperbolehkannya masuk karena alasan keselamatan.

“Saya langsung ke sana dan mencoba masuk, menyelamatkan yang tersisa. Sama petugas tidak boleh masuk karena alasan keselamatan. Saya kemudian tidak memaksa untuk masuk karena api masih besar,” ujarnya.

Pusat perbelanjaan Malang Plaza terbakar pada Selasa dini hari (2/5/2023) sekitar pukul 00.30 WIB. Pusat perbelanjaan tersebut merupakan salah satu sentra jual beli telepon genggam dan juga terdapat retail pakaian dan bioskop.

Berdasarkan data sementara, di pusat perbelanjaan itu terdapat kurang lebih sebanyak 63 unit kios yang terbakar, selain juga area pusat perbelanjaan pakaian, bioskop dan tempat berjualan makanan atau pujasera.

Saat ini, Pemkot Malang masih melakukan pendataan terkait kerugian yang diakibatkan kebakaran tersebut. Data sementara ada pelaku usaha yang mengalami kerugian antara Rp6 juta hingga Rp7 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya