SOLOPOS.COM - Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Mohammad Nasih saat menerima bendera FRI sebagai tanda estafet kepemimpinan FRI 2022-2023. (Istimewa/unair.ac.id)

Solopos.com, SURABAYA — Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Mohammad Nasih terpilih sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2022-2023. Mohammad Nasih menggantikan Prof Panut Mulyono yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua FRI.

Mohammad Nasih terpilih sebagai Ketua FRI dalam Konferensi FRI 2022, Konvensi Kampus XXVIII, dan Temu Tahunan XXIV. Kegiatan ini digelar pada 29-30 Oktober di Gedung Airlanggar Convention Center (ACC), Kampus MERR, Unair Surabaya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pengukuhan Mohammad Nasih sebagai Ketua FRI dilakukan melalui Dewan Pertimbangan FRI Prof Arif Satria selaku Rektor IPB.

“Menjadi Ketua Forum Rektor Indonesia merupakan sebuah amanah dan tentunya harus diterima, ada persyaratan yang harus dijalani yaitu kolaborasi dan kerja samanya, perlu diketahui bahwa forum rektor ini adalah milik bersama tanggung jawab bersama,” kata Nasih usai dikukuhkan dikutip dari unair.ac.id, Senin (31/10/2022).

Baca Juga: Magetan Kembangkan Hutan Bambu Jadi Eko-eduwisata

Dalam pidatonya, Nasih mengajak seluruh rektor melakukan kolaborasi dan kerja sama dengan para rektor perguruan tinggi, sehingga dapat mencapai tujuan bersama. Menurut dia, forum rektor bukan milik satu kalangan saja, tetapi milik bersama yang harus dipelihara bersama-sama dan harus dibesarkan bersama.

“Jangan ada salah satu anggota yang tidak menyemangati dengan kolaborasi kita dapat mencapai tujuan yang kita inginkan, serta berikan kontribusi secara signfikan untuk kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai ini,” jelas dia.

Selanjutnya, dalam acara Forum Rektor Indonesia ada penyampaian dan pengesahan gagasan dari setiap komisi. Komisi A tentang Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, Komisi B tentang garis-garis besar pada program FRI, dan Komisi C tentang rekomendasi konferensi konvensi kampus yang akan mendatang.

Baca Juga: Ratusan Aremania Unjuk Rasa, Minta Kejati Jatim Tolak Berkas Perkara Kanjuruhan

Tidak hanya membahas terkait konferensi, seluruh rektor melakukan deklarasi terkait pemilu 2024 dengan slogan “Siap Berkontribusi dan Melakukan Aksi Nyata Mewujudkan Demokrasi Indonesia Berkualitas dan Bermartabat Berbiaya Murah Serta Tanpa Kecurangan dan Politik Uang”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya