SOLOPOS.COM - Keindahan alam Pantai Kasap yang ada di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, akhir Juli 2019. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, PACITAN — Mengeksplorasi keindahan pantai di Kabupaten Pacitan nampaknya tidak akan ada habisnya. Ada banyak pantai indah di salah satu daerah paling ujung Jawa Timur ini.

Salah satu pantai terkenal di Pacitan yakni Pantai Klayar. Pantai yang dikenal dengan seruling samudranya ini memang istimewa, pasirnya putih dan dikelilingi batu karang yang eksotis.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Namun, ternyata pantai indah dan eksotis di Pacitan bukan hanya Pantai Klayar lho. Berikut ini deretan pantai indah di Pacitan selain Pantai Klayar:

  1. Pantai Srau

Pantai Srau ini berada di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati tiga spot pantai dalam satu lokasi. Hal ini karena bibir pantai di Srau ini sangat panjang, sehingga terbagi menjadi tiga bagian. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air berwarna biru.

Salah satu keindahan di sudut pantai Srau, Pacitan, Selasa (28/6/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)
Salah satu keindahan di sudut pantai Srau, Pacitan, Selasa (28/6/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)
  1. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo memiliki keunikan yang membuat pantai ini berbeda dari pantai biasanya. Tepat di bibir pantai wisatawan dapat menemukan air terjun yang mengalirkan air langsung ke laut. Wisatawan pun disuguhkan dengan keindahan pantai sekaligus air terjun yang jernih. Pantai Banyu Tibo memang tak begitu luas, namun panoramanya tak terkira indahnya. Apalagi pantai ini dikelilingi tebing karang kecoklatan yang eksotis. Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo.

Setiap liburan akhir pekan dan long weekend Pantai Banyu Tibo selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah. (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)
Setiap liburan akhir pekan dan long weekend Pantai Banyu Tibo selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah. (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)
  1. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung adalah salah satu destinasi pantai andalan untuk berlibur di Pacitan. Di sana banyak terdapat penginapan yang siap menjadi tempat para wisatawan untuk singgah dan menikmati pantai lebih lama. Pantai Watu Karung memiliki ombak yang cukup besar, bagi pecinta selancar mungkin pantai ini bisa menjadi referensi tujuan. Tak hanya itu, pantai ini menyuguhkan panorama yang memukau, pasir putih yang membentang di pesisir pantai siap menjadi tempat untuk bersantai. Pantai Watu Karung terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku.

pantai bagus pacitan
Keindahan Pantai Watukarung, Pacitan. (IG @disparbudporapacitan)
  1. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan menyajikan keindahan pantai yang ciamik, birunya air laut dan pasir putihnya ditambah lagi dengan batuan karang terlihat sangat eksotis. Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Yang menjadi keunikan pantai ini adalah batu karang yang berbentuk mahkota dewa, dari cerita yang beredar mahkota dewa narada terjatuh saat sedang terbang melintasi wilayah pantai. Kemudian berubah menjadi batu karang.

pantai bagus pacitan
Keindahan Pantai Buyutan, Pacitan. (IG @nangyul22)
  1. Pantai Kasap

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan gugusan karang di laut, di Pacitan punya Pantai Kasap yang disebut-sebut mirip dengan Raja Ampat. Menyajikan keindahan baru karang besar yang tersebar di dekat pantai, panorama alam ini bisa dinikmati wisatawan dari atas bukit yang telah disediakan pengelola. Tak jauh dari Pantai Kasap, ada destinasi wisata Kali Cokel yang merupakan wisatawa susur sungai yang lagi hits di Pacitan. Pantai Kasap ini lokasinya tidak jauh dari Pantai watu Karung.

pantai bagus pacitan
Keindahan Pantai Kasap, Pacitan. (IG @wisatawatukarung)
  1. Pantai Soge

Pantai Soge memiliki perbedaan dari pantai lain. Jika pantai pantai lain mungkin memiliki akses jalan dan letaknya yang lumayan susah dijangkau, tidak dengan Pantai Soge. Pantai Soge bisa dinikmati dari jalan raya lho. Masyarakat menyebutnya mirip seperti Great Ocean Road yang ada di Australia. Namun terlepas dari itu semua Pantai Soge adalah pantai yang indah. Memiliki pemandangan yang memukau dan bibir pantai yang luas sehingga Anda bisa menikmatinya dengan leluasa. Pantai ini berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo.

JALUR LINTAS PANTAI SELATAN
Ilustrasi jalur lintas pantai selatan (JIBI/Solopos/Antara)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya