SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Negeri Surabaya. (unesa.ac.id)

Solopos.com, SURABAYA — Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menerima sebanyak 5.254 calon mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Bagi calon mahasiswa baru yang sudah dinyatakan lolos bisa segera melakukan pendaftaran ulang.

Kepala Sub-Direktorat Penerimaan dan Keluluhan Mahasiswa Unesa, Sukarmin, mengatakan jumlah pendaftar Unesa lewat jalur SNBP tahun ini di Unesa mencapai 34.527 orang. Dari jumlah itu, hanya 5.254 orang yang lolos menjadi calon mahasiswa baru Unesa.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dia mengklaim minat lulusan siswa SLTA untuk kuliah di Unesa terus meningkat dari tahun ke taun. Jumlah pendaftar SNBP tahun ini mengalami kenikan sekitar 5.431 orang dari tahun sebelumnya.

“Sebanyak 5.254 calon mahasiswa baru itu diterima di 76 program studi yang ada di Unesa,” kata dia yang dikutip dari unesa.ac.id, Rabu (29/3/2023).

Sukarmin menyampaikan 10 program studi yang paling favorit dipilih calon mahasiswa melalui jalur SNBP yaitu Manajemen, Psikologi, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, PGSD, Teknik Informatika, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Gizi, dan Bisnis Digital.

Dia menegaskan bagi peserta yang dinyatakan lolos untuk segera melakukan pendaftaran ulang mulai 29 Maret hingga 10 April 2023. bagi peserta yang lolos bisa mengiis biodata dan mengunggah dokumen asli di laman https://sipenmaru.unesa.ac.id/simreg. Mengenai dokumen yang diunggah, adalah:

  1. Kartu Tanda Peserta SNBP 2023
  2. Kartu Indonesia Pintar/KIP-Kuliah (bagi peserta calon penerima KIP-Kuliah)
  3. Pas foto berwarna terbaru (latar belakang warna merah, baju putih tanpa atribut) ukuran 4X6 cm format JPG atau PNG dengan resolusi 500×600 pixel
  4. Akte Kelahiran
  5. KTP/SIM/Paspor
  6. Kartu Keluarga
  7. Kartu BPJS Kesehatan
  8. Surat Keterangan dari sekolah bahwa yang bersangkutan pada waktu mendaftar berstatus siswa pada sekolah tersebut
  9. Surat pernyataan bermaterai bahwa yang bersangkutan bersedia dibatalkan kelulusanya dari SNBP Unesa bila kemudian hari yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus dari sekolah pada tahun ajaran 2022/2023
  10. Mengisi surat pernyataan yang dapat diunduh pada https://sipenmaru.unesa.ac.id/simreg
  11. Bukti pekerjaan dan penghasilkan orang tua terbaru yang disahkan oleh instansi tempat bekerja atau surat keterangan dari kepala desa/kelurahan
  12. Bukti daya listrik rumah tinggal. Bisa berupa bukti tagihan atau pembayaran listrik 2 bulan terakhir.
  13. Bukti tagihan atau pembayaran PBB 2 tahun terakhir untuk rumah yang ditempati.
  14. Daftar tanggungan orang tua yang masih sekolah atau kuliah. Bisa dilengkapi dengan surat keterangan masih sekolah atau kuliah dari institut terkait
  15. Bukti tagihan atau pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), baik mobil maupun sepeda motor yang dimiliki.

Berkas yang disebutkan tersebut dibuat dengan format JPG/PNG ukuran 500 KB sampai 1 MB. Data yang masuk tersebut akan diverifikasi pada 1-15 April 2023. Penetapan UKT pada 16-17 April 2023. Lalu pendafaran UKT pada 18 April sampai 2 Mei 2023.

“Terkait ketentuan daftar ulang, termasuk dokumen-dokumen yang harus diunggah itu bisa mengunjungi https://sipenmaru.unesa.ac.id/simreg lalu klik ‘Download Dokumen’. Semua syarat dan tanggal penting ada di situ,” jelas Sukarmin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya