SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Personel Satpopl PP Kota Madiun belum ideal.

Madiunpos.com, MADIUN — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Madiun hingga kini masih kekurangan jumlah personel yang ada untuk melayani masyarakat setempat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Madiun Sunardi Nurcahyono mengatakan jumlah personelnya saat ini hanya sekitar 90 orang. Jumlah itu sudah termasuk dengan anggota pemadam kebakaran.

“Padahal, sesuai aturan yang ada, jumlah anggota Satpol PP di daerah idealnya harus mencapai 150 orang,” ujar Sunardi kepada wartawan di sela kegiatan jalan sehat sebagai puncak rangkaian HUT ke-98 Pemadam Kebakaran, HUT ke-67 Satpol PP, dan HUT ke-55 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Madiun, Jumat (7/4/2017).

Meski minim personel, dia mengaku akan mengoptimalkan jumlah personel yang ada. “Caranya dengan menyusun agenda kegiatan berdasar skala prioritas. Pokoknya kami mencoba mengoptimalkan jumlah SDM yang ada,” kata dia.

Sunardi menyatakan akan terus berupaya meningkatkan kualitas kinerja anggota satpol PP, pemadam kebakaran, dan satlinmas. Di antaranya dengan meningkatkan sikap humanis dan kesantunan yang tegas serta lebih cenderung mengandalkan upaya pembinaan dan pencegahan.

Sementara, Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto menilai Satpol PP dan seluruh satuan yang ada di dalamnya memiliki peran yang penting bagi pembangunan Pemkot Madiun dan masyarakat Kota Madiun. Selain sebagai penegak peraturan daerah, Satpol PP juga andil dalam menjaga kemajemukan masyarakat dengan Satlinmas.

“Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga kemajemukan masyarakat sesuai dengan semangat Kebhinekaan. Sementara, Pemadam Kebakaran hadir memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat,” kata Sugeng Rismiyanto.

Dalam rangka peringatan HUT ke-98 Pemadam Kebakaran, HUT ke-67 Satpol PP, dan HUT ke-55 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di tahun 2017, Pemkot Madiun melakukan serangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak tanggal 1 April lalu.

Di antaranya, kegiatan bakti sosial dan kerja bakti massal oleh anggota Satpol PP yang berlangsung pada tanggal 1 April, pelaksanaan upacara bendera dan tasyakuran HUT Satpol PP pada tanggal 3 April, dan rangkaian tersebut ditutup dengan digelarnya jalan sehat pada hari Jumat tanggal 7 April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya