SOLOPOS.COM - Warna-warni sale anggur khas Pacitan. (shopee.co.id)

Solopos.com, PACITAN — Kuliner Indonesia menyajikan beragam jenis dan cita rasa yang berbeda di setiap daerah. Ciri khas yang dimiliki kuliner-kuliner tersebut membawa semacam identitas atau jati diri. Hal itu yang membedakan daerah satu dengan daerah lain, serta menjadi warisan turun-temurun.

Jawa Timur memiliki banyak kuliner yang autentik, terkenal, dan unik. Salah satu jajanan unik di Pacitan, yaitu sale anggur.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sekilas, orang-orang mungkin mengira jika sale anggur menggunakan bahan baku anggur karena nama yang disematkan. Namun, sale anggur merupakan camilan yang tampilannya menyerupai anggur, tapi menggunakan bahan baku pisang Awak.

Awalnya, sale anggur ini merupakan inovasi baru dari sale pisang Pacitan, yang bentuknya menyerupai cincin.

Sale anggur dikemas dengan kertas krep atau kertas tipis warna-warni, kemudian dibungkus lagi menggunakan plastik bening. Hal ini bertujuan untuk mempercantik rangkaian sale anggur.

Pengolahan sale anggur juga tidak terlalu rumit. Mengutip dari ksmtour.com, pisang Awak yang telah selesai dipotong kemudian dijemur di bawah sinar matahari langsung. Penjemuran ini dilakukan untuk mengurangi kadar air dari buah pisang.

Proses selanjutnya setelah pengeringan adalah dioven. Pengeringan dengan cara dioven ini, untuk menjaga keawetan dari buah pisang tersebut. Setelah selesai, sale pisang dipadatkan dan dibentuk kecil-kecil, yang kemudian dikemas menyerupai untaian buah anggur.

Camilan sale anggur bisa disimpan selama lima bulan lamanya. Keawetan sale anggur ini disebabkan karena proses pengeringan yang dilakukan, mulai dari pengeringan dengan sinar matahari dan dioven.

Sale anggur dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang cocok untuk dicoba karena cita rasanya yang manis dan legit. Selain cita rasa, sale anggur juga memiliki masa kadaluwarsa yang lama.

Harga camilan khas Pacitan ini terbilang murah, yaitu mulai dari Rp3.500 hingga Rp17.000 per untai anggur. Harga tersebut berdasarkan data yang diperoleh dari beberapa laman belanja online, seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Kalau Anda berkunjung ke Pacitan, bisa membeli sale pisang ini di pusat oleh-oleh yang ada di Pacitan. Hampir seluruh tempat oleh-oleh menjual camilan unik ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya