SOLOPOS.COM - Atlantis Land Surabaya (IG @atlantislandofficial)

Solopos.com, SURABAYA — Kota Surabaya bukan hanya menjadi pusat pemerintahan dan pusat perekonomian Provinsi Jawa Timur. Namun, di Kota Surabaya juga banyak memiliki tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

Pada musim liburan sekolah tiba, biasanya tempat wisata di Surabaya menjadi jujukan para wisatawan, terutama anak-anak. Beberapa tempat wisata di Surabaya ada yang menawarkan keindahan alam, kebun binatang, hingga wisata sejarah.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Kota Surabaya yang cocok dikunjungi saat saat liburan sekolah:

  1. Kebun Binatang Surabaya

Mengajak putra-putri berlibur ke Kebun Binatang Surabaya merupakan ide yang bagus. Selain dapat melihat satwa-satwa secara langsung, anak-anak juga dapat edukasi mengenai beragam binatang yang hidup di muka bumi ini.

Mengutip dari suarabayazoo.co.id, Kebun Binatang Surabaya atau yang disebut KBS adalah salah satu kebun binatang yang cukup populer di Indonesia. KBS pernah menjadi salah satu kebun binatang terlengkap se-Aaia Tenggara lho.

tempat wisata surabaya
Salah satu koleksi Kebun Binatang Surabaya. (https://surabayazoo.co.id/)

Menyajikan lebih dari 230 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.179 ekor satwa. Termasuk di dalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces. Informasi dari Instagram @kebunbinatangsurabaya, tiket masuk ke lokasi wisata ini sebesar Rp15.000 dan beroperasional setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Setail No.1, Kota Surabaya.

  1. Monumen Kapal Selam

Tempat wisata selanjutnya adalah Monumen Kapal Selam Surabaya yang menyajikan tempat wisata sejarah yang edukatif. Monumen ini adalah kapal selam asli KRI Pasopati 410 dari satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur yang pernah digunakan untuk melaksanakan operasi Trikora di laut Aru. Lokasinya berada di Jalan Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya.

tempat wisata di surabaya
Monumen Kapal Selam di Surabaya. (/tourism.surabaya.go.id)

Tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga sebagai tempat wisata yang seru dan juga edukatif.

Pengunjung dapat melihat ruangan-ruangan di dalam kapal selam ini, ada galeri unik dan menarik di dalamnya. Di luar monumen juga ada wahana permainan anak, lokasi pemutaran film dokumenter, spot berswafoto, dan lain sebagainya. Destinasi ini beroperasional setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-21.00 WIB. Tiket masuknya pun juga sangat terjangkau yakni Rp15.000.

  1. Atlantis Land

Rekomendasi wisata di Surabaya selanjutnya adalah Atlantis Land. Atlantis Land sangat cocok dikunjungi berama putra-putri di masa libur sekolah. Seperti dilansir atlantisland.id, tempat wisata ini memiliki deretan wahana air dan wahana darat yang dapat dinikmati semua golongan usia. Menariknya, semua wahana yang ada di Atlantis Land ini gratis dan tidak perlu membayar lagi ketika masuk setiap wahana. Wahana yang ada di sana meliputi Istana Es, Dino Land, Tornado & Boomerang Slide, Istana Patun Lilin dan masih banyak lagi.

tempat wisata surabaya
Atlantis Land Surabaya (IG @atlantislandofficial)

Lokasinya terletak di Jalan Sukolilo No. 100, Kota Surabaya. Mengutip dari Instagram @atlantislandofficial, untuk tiket masuk ke Atlantis Land sebesar Rp100.000 pada hari biasa dan Rp125.000 pada akhir pekan. Tempat wisata ini beroperasional setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB.

  1. Taman Prestasi

Liburan tidak melulu harus mengeluarkan biaya yang mahal. Tempat wisata berikut ini menawarkan wisata yang hemat dikantong yakni Taman Prestasi. Mengutip dari tourism.surabaya.go.id, banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan saat liburan di Taman Prestasi.

Tersedia arena bermain anak, panggung terbuka yang biasa digunakan sebagai tempat untuk pertunjukan seni, Monumen Pesawat Bomber B-16 Intruder, spot foto instagramable, mushola, dan wisata air perahu Kalimas.

tempat wisata surabaya
taman Prestasi Surabaya. (surabaya.go.id)

Wisata Air Kalimas di Taman Prestasi menjadi tempat wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga di malam hari. Wisatawan dapat menikmati naik perahu berkeliling Kalimas sambil melihat keindahan lampu-lampu dan lampion yang terpasang di sepanjang rute. Lokasin Taman Prestasi berada di Jalan Ketabang Kali No.6, Kota Surabaya.

  1. Pantai Ria Kenjeran

Sesekali mengenalkan anak-anak mengenai alam dengan mengajak liburan ke pantai. Wisata pantai yang dapat dikunjungi di Surabaya adalah Pantai Ria Kenjeran. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang cukup banyak dikunjungi di masa liburan sekolah.

Salah satu tempat wisata populer di pantai ini adalah wisata perahu menuju ke bukit pasir di tengah laut.

tempat wisata surabaya
Pantai Ria Kenjeran di Surabaya. (surabaya.go.id)

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ria Kenjeran akan disajikan dengan panorama laut yang indah, apalagi saat sore hari dapat melihat sunset yang eksotis. Ditambah dengan pemandangan Jembatan Suramadu dapat dilihat dari pantai ini. Pantai Ria Kenjeran sangat cocok menjadi tempat bersantai sambil kulineran, sementara untuk anak-anak aktivitas seru yang banyak dilakukan di pantai ini adalah bermain pasir.

  1. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay berada di Pelabuhan Tanjung Perak. Dengan tiket masuk Rp10.000 pengunjung dapat menikmati panorama laut yang indah dan kapal-kapal yang besandar di Pelabuhan. Selain itu, pengunjung bisa melihat panorama sunset yang menakjubkan dan berfoto dengan latar belakang yang keren.

Terdapat tempat makan atau food court untuk mengisi perut sambil menikmati aktivitas kapal yang ada di Pelabuhan tersebut. Para orang tua dapat mengajak anak-anak untuk memperkenalkan aktivitas di Pelabuhan dan melihat kemegahan kapal yang tengah singgah di Pelabuhan Tanjung Perak. Lokasinya berada di Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya