SOLOPOS.COM - Ilustrasi deretan oleh-oleh khas Madiiun. (@omahnusantara.ae)

Solopos.com, MADIUN — Salah satu yang banyak diburu oleh para pemudik saat Lebaran adalah oleh-oleh makanan khas suatu daerah. Oleh-oleh tersebut akan diberikan kepada orang tersayang maupun hantaran untuk kolega saat Lebaran.

Madiun menjadi salah satu tujuan pemudik pada momen Lebaran di Jawa Timur. Di daerah ini ada beragam makanan khas yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Mulai dari brem, sambal pecel, kerupuk puli, madu mongso, roti bluder, dan lainnya.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Berikut ini tempat yang menjual oleh-oleh khas di Madiun:

  1. Toko Mirasa

Mirasa merupakan salah satu pusat oleh-oleh khas Madiun terlengkap yang sudah ada sejak lama. Lokasinya cukup strategis yaitu berada di pusat kota dan dekat dengan lokasi wisata. Produk yang paling populer di Mirasa adalah Brem Mirasa.

pusat oleh-oleh madiun
Toko oleh-oleh Mirasa Madiun. (@mirasa_madiun)

Selain brem, di sini pengunjung bisa menemukan Bluder Mirasa, Kue Blinjo Mirasa, Lempeng Mirasa, Sambal Pecel Mirasa dan masih banyak lagi. dilansir dari Instagram @mirasa_madiun, toko utama terletak di Jalan Pahlawan No. 64, Kota Madiun sedangkan cabangnya berada di Jalan Jendral Sudirman No. 210, Kota Madiun.

  1. Omah Makan & Oleh-Oleh Nusantara

Tempat beli oleh-oleh selanjutnya adalah Omah Makan & Oleh-Oleh Nusantara. Di lantai 1 pengunjung bisa membeli oleh-oleh khas Madiun maupun khas daerah lainnya, seperti sambal pecel, brem, bakpia, bluder, madu mongso, aneka keripik hingga aneka desset box.

pusat oleh-oleh madiun
Roti bluder, salah satu yang dijual di pusat oleh-oleh Omah Nusantara. (@omahnusantara.ae)

Sedangakan di lantai 2 adalah rumah makan yang menyediakan kuliner Nusantara. Lokasi Omah Makan & Oleh-Oleh Nusantara berada di Jalan Pahlawan 10-12, Kota Madiun. Dilansir dari Instagram @omahnusantara.ae, tempat ini beroperasional mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB.

  1. Putra Rasa Madiun

Pusat oleh-oleh Putra Rasa Madiun berlokasi di Jalan Raya Ponorogo No. 62, Tean, Kota Madiun. Di Putra Rasa, pengunjung bisa berburu oleh-oleh khas Madiun dengan kualitas yang baik, mulai dari brem aneka rasa, madu mongso, sambal pecel, camilan, rengginan, keripik tempe dan masih banyak lagi.

Selain menyediakan oleh-oleh, Putra Rasa Madiun juga menyediakan kue kering dan hampers. Dilansir dari Instagram @putrarasamadiun, beroperasional mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB.

  1. Bluder Cokro

Selain brem dan pecel, Madiun juga terkenal dengan produk bludernya. Bluder yang paling populer adalah Bluder Cokro yang gerainya terletak di Jalan Hayam Wuruk No. 51-53, Kota Madiun.

Di gerainya yang cukup besar dan megah tersebut pengunjung bisa menemukan berbagai macam jenis bluder, mulai dari bluder sobek, bluder standar, bluder special, bluder kasur dan bluder krispi.

pusat oleh-oleh madiun bluder cokro madiun promo hari jadi kota madiun
Bluder Cokro merayakan hari ulang tahunnya ke-33 dengan berkolaborasi bersama Garuda Indonesia dan Tupperware. (Istimewa/Bluder Cokro)

Selain itu, pengunjung bisa memesan hampers spesial Idulfitri yang dibungkus dengan disain premium, berkelas dan elegan cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk orang terkasih. Dilansir dari Instagram @bludercokro, beroperasional mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB.

  1. Pusat Oleh-Oleh Taman Sari

Pusat oleh-oleh Taman Sari terletak di Jalan Palawan No. 9, Kota Madiun. Di sini menyediakan berbagai macam jenis oleh-oleh khas Madiun seperti brem, madu mongso, lempeng, sambal pecel, ledre, kue sagu, jenang, abon dan masih banyak lagi.

pusat oleh-oleh madiun
Pusat oleh-oleh Taman Sari Madiun. (@taman_sari3)

Di Madiun, selain berada di Jalan Pahlawan, pusat oleh-oleh Taman Sari juga bisa ditemukan di Jalan Kemiri, Jalan Salak, Jalan Taman Praja, dan Jalan Raya Jiwan. Dilansir dari Instagram @taman_sari3, pusat oleh-oleh ini mulai buka pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB.

  1. Sekarsari

Pusat oleh-oleh Sekarsari terletak di Jalan S Parman depan Carrefour Kota Madiun. Di pusat oleh-oleh Sekarsari menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Madiun dan oleh-oleh khas daerah lain juga. Mulai dari brem, bakpia pathok, bluder, madu mongso, aneka kerupuk dan keripik serta masih banyak lagi. Pusat oleh-oleh Sekarsari mulai buka pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya