SOLOPOS.COM - Kondisi air terjun Pletuk Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo kini sepi Jumat (1/7/2022) (Ronaa Nisa’us Sholikhah/Solopos.com)

Solopos.com, PONOROGO — Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di wilayah Jawa Timur bagian barat. Ada banyak tempat wisata menarik di Kota Reog, selain wisata alam juga ada wisata budaya yang sudah melegenda.

Kondisi topografi Ponorogo yang berupa daratan dan pegunungan membuat daerah tersebut banyak terdapat wisata alam. Salah satunya tempat wisata berupa air terjun.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Air terjun sering menjadi jujugan wisatawan karena keindahan alamnya serta harga tiket yang ramah di kantong. Berikut ini tiga air terjun eksotis yang ada di Ponorogo yang dikutip dari berbagai sumber:

  1. Air Terjun Coban Lawe

Air Terjun Coban Lawe berlokasi di Desa Krisik, Kecamatan Pudak. Jika wisatawan berangkat dari Kota Ponorogo maka akan menempuh jarak mencapai 33 kilometer atau waktu tempuh sekitar satu jam. Lokasi air terjun Coban Lawe ini berada di kawasan hutan lindung. Oleh karena itu, tidak heran keberadaan pepohonan hijau di sekitarnya semakin menambah daya tarik pengunjung.

Mengutip dari laman direktoripariwisata.id, sumber air pada Air Terjun Coban Lawe berasal dari Gunung Wilis sehingga airnya bersih dan terasa dingin. Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan bersantai dari penatnya kesibukan kota.

Meskipun tingginya hanya sekitar 7 meter, tapi bebatuan di air terjun tersebut memiliki bentuk berundak sehingga pemandangan yang dihasilkan juga tidak kalah indahnya dengan air terjun lainnya. Tarif tiket masuk ke Air Terjun Coban Lawe cukup terjangkau, yaitu Rp5.000 per orang, sedangkan jam operasionalnya dibuka setiap hari selama 24 jam.

  1. Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk merupakan air terjun yang terletak di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko. Pengunjung akan menempuh jarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Ponorogo.

Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 30 meter ini dikelilingi bukit-bukit yang juga ditumbuhi pepohonan hijau sehingga semakin mempercantik panorama.

air terjun di ponorogo
Panorama alam Air Terjun Pletuk di Desa Jurug, Sooko, Ponorogo, Sabtu (16/4/2016). (Abdul Jalil/JIIB/Madiunpos.com)

Namun, sayangnya akses menuju ke bawah air terjun cukup curam. Sehingga pengunjung hanya dapat melihat air terjun dari seberang hutan pinus saja. Bagi yang ingin menikmati keindahan alam di Air Terjun Pletuk maka harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Sedangkan jam operasionalnya dibuka setiap hari selama 24 jam.

  1. Air Terjun Widodaren

Air Terjun Widodaren merupakan objek wisata yang cukup dekat dengan Telaga Ngebel. Lokasinya terletak di Tritis, Talun, Kecamatan Ngebel. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam di sekitarnya yang hijau dan masih asri.

Selain itu, bentuk air terjunnya berundak dan memiliki bebatuan yang bisa dijadikan pijakan atau tempat duduk sehingga bisa dijadikan tempat berswafoto.

Mengutip dari berbagai sumber, Air Terjun Widodaren ini memiliki kolam yang kedalamannya mencapai kurang lebih 10 meter sehingga pengunjung juga harus berhati-hati. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi minat wisatawan untuk menikmati sensasi berenang di bawah Air Terjun Widodaren. Tidak ada tiket untuk masuk ke tempat wisata ini. Sedangkan jam operasionalnya dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-17.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya