SOLOPOS.COM - Wali Kota Madiun Maidi mengikuti lomba balap karung dalam acara Pesta Rakyat yang digelar pada Sabtu-Minggu (19-20/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, MADIUN — Berbagai kegiatan seru digelar di Kota Madiun, Jawa Timur, untuk memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan seru itu seperti berbagai lomba, pawai budaya, hingga jalan sehat.

Salah satu event seru yang digelar di Madiun yakni Pesta Rakyat IM3 yang digelar di Lapangan Gulun, Kota Madiun, selama dua hari Sabtu-Minggu (19-20/8/2023). Ratuan orang berpartisipasi dalam berbagai lomba.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dalam Pesta Rakyat IM3 itu ada sejumlah lomba yang digelar, seperti kompetisi busana adat anak, karaoke solo, sepeda hias, panjat pinang, jembatan pinang, tarik tambang, lomba bakiak, balap karung, dan sendok kelereng.

Wali Kota Madiun, Maidi, juga ikut menjajal salah satu permainan yang ada di Pesta Rakyat tersebut. Maidi ikut bermain balap karung dan berlomba dengan warga.

SVP Head of Region East Java & Bali Nusa Indosat Ooredoo Hutchison, Soejanto Prasetyo, mengatakan Pesta Rakyat IM3 ini digelar untuk menyatukan seluruh lapisan masyarakat dan merayakan kemerdekaan Indonesia.

“Momen perayaan kemerdekaan menjadi momen penting yang dapat melestarikan berbagai nilai-nilai kebangsaan,” kata dia.

Dia menyampaikan selain bisa mengikuti berbagai lomba yang digelar, pengunjung juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik yang tersedia di Booth IM3.

“Hanya dengan membeli produk minimal Rp10.000, mereka akan mendapatkan kupon untuk di-stamp dan bermain di lima area games seru, seperti lempar kaleng, bola gelinding, menara bola, karung terbang, dan tembak gelas. Bagi yang berhasil mengumpulkan tiga stampel berhak membawa hadiah,” ujarnya.

Pawai Budaya

Selain ada pesta rakyat di Lapangan Gulun, ada juga kegiatan pawai budaya yang digelar di Kelurahan Nambangan Lor, Minggu (20/8/2023). Puluhan kontingen tampil maksimal dalam kegiatan tersebut.

Masing-masing kontingen menampilkan beragam kreativitas. Ada yang tampil menggunakan pakaian silat, busana karnaval, marching band, hingga membawa tumpeng berukuran jumbo.

Selain di Nambangan Lor, pawai budaya juga digelar di Kelurahan Madiun Lor. Kegiatan ini diikuti puluhan kontingen dari masing-masing RT dan RW di kelurahan setempat. Masing-masing perwakilan juga tampil dengan busana unik dan kreatif dari barang bekas.

Berbagai kegiatan tersebut pun diapresiasi Wali Kota Madiun, Maidi. Dia pun berterima kasih karena masyarakat ikut terlibat untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia.

“Terima kasih sudah ikut memeriahkan HUT RI. Kota semakin ramai, masyarakat juga harus ikut andil di dalamnya. Antusiasme warga ini patut dicontoh,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya