SOLOPOS.COM - Wali kota terpilih Surabaya Tri Rismaharini dan Bupati terpilih Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Rakernas PDIP 2016 diwarnai makan siang bersama Mega, Risma dan Azwar Anas.

Madiunpos.com, SURABAYA — Wali kota terpilih Surabaya Tri Rismaharini dan Bupati terpilih Banyuwangi Abdullah Azwar Anas secara khusus diundang makan siang oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Sukarno Putri di sela-sela Rakernas PDIP. Berbagai rumor politis pun merebak.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Satu di antara rumor yang dipicu makan siang bersama Risma, Azwar, dan Mega itu adalah kedua politikus PDIP yang baru saja memenangi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di daerah masing-masing itu tengah dielus Megawati untuk maju ke pilkada untuk wilayah kekuasaan yang lebih luas. Akankah Risma dan Azwar dicalonkan maju pemilihan gubernur DKI Jakarta dan Jatim mendatang?

Wakil Ketua DPC PDIP Surabaya Didik Prasetyono tak bisa memberikan kepastian agenda yang dibahas dalam pertemuan sambil makan siang itu. Ia juga tak mampu mengonfirmasi desas-desus yang santer beredar pascakemenangan Tri Rismaharini dalam Pilkada Surabaya dan Abdullah Azwar Anas dalam Pilkada Banyuwangi bahwa PDIP akan menarik Risma dan Azwar menuju Pilkada DKI Jakarta 2017 dan Pilkada Jawa Timur 2018.

“Saya hanya mengantarkan Bu Risma menghadiri undangan makan siang bersama Bu Mega. Tapi apa yang dibicarakan, saya tidak tahu. Karena undangannya terbatas,” kata Didik, Senin (11/1/2016).

Seperti diketahui, Risma merupakan salah satu kader terbaik Partai Kepala Banteng Moncong Putih itu, yang kembali memenangi Pilkada Surabaya, bersama Whisnu Sakti Buana, sedangkan Anas pemenang Pilkada Banyuwangi.

Baik Risma maupun Azwar Anas adalah calon incumbent yang diusung partai besutan Megawati tersebut dalam Pilkada Surabaya dan Banyuwangi. Didik mengatakan, pada rakernas PDIP, ada pembahasan khusus mengenai Pilkada serentak 2017. Menurutnya, Pilkada DKI Jakarta masuk dalam pembahasan tersebut. “Bisa jadi Pilgub Jakarta, karena berlangsung di tahun 2017. Kalau Jatim tidak ada,” katanya.

Dihadiri Menteri PDIP
Sementara itu, anggota DPRD Jawa Timur dari PDIP Gianto mengatakan pertemuan makan siang tersebut, diikuti oleh seluruh menteri serta beberapa gubernur besutan PDIP, termasuk Risma dan Azwar. Gianto juga menyebut posisi duduk Risma dan Azwar pada pertemuan terbatas itu, berada di samping Megawati.

“Memang, sebenarnya bagi kami [PDIP] acara makan siang seperti itu sudah biasa. Tapi memang terkesan undangan itu, khusus untuk Bu Risma dan Pak Anas,” kata Gianto tanpa menyebut isi pertemuan tersebut.

Berdasarkan informasi yang berkembang, pada Pilkada serentak 2017, PDIP dikabarkan akan menarungkan Risma dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. Sedangkan Azwar Anas akan bertarung dengan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, yang juga dikabarkan akan menggantikan Gubernur Jatim Soekarwo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya