SOLOPOS.COM - Ilustrasi angin puting beliung. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SITUBONDOPuting beliung menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Situbondo, Jatim, Senin (27/2/2023) petang. Akibat kejadian itu, belasan rumah milik warga rusak.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Sruwi Hartanto, mengatakan angin kencang disertai hujan telah merusak sebanyak sembilan rumah warga di Lubawang, Kecamatan Banyuglugur.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Selanjutnya di Desa Buduan, Kecamatan Suboh terdapat warung tertimpa pohon. Satu rumah rusak di Desa Kayuputih, Kecamatan Panji.

Di Desa Langkap, Kecamatan Besuki terdapat dua rumah rusak tertimpa pohon tumbang. Di Desa Wonokoyo, Kecamatan Kapongan juga terdapat satu rumah rusak.

“Data sementara yang kami terima ada 15 rumah dan warung terdampak angin kencang. Kerusakan rumah akibat angin kencang rata-rata di bagian atap rumah, ada juga rusak tertimpa pohon tumbang,” kata Sruwi seperti diberitakan Solopos.com dari Antara, Selasa (28/2/2023).

Sruwi mengimbau kepada masyarakat agar terus mewaspadai cuaca ekstrem dan angin kencang di Jawa Timur. Hal itu berdasarkan rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas 1 Juanda Sidoarjo.

“Dalam rilis BMKG waspada potensi cuaca ekstrem dan angin kencang sejak 25 Februari 2023 hingga 3 Maret 2023,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya