SOLOPOS.COM - Para sopir bus melakukan tes urine di Terminal Caruban, Jumat (24/12/2021). (Istimewa/Polres Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, puluhan sopir dan kernet bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Purboyo, Kota Madiun dan Terminal Caruban, Kabupaten Madiun menjalani pemeriksaan tes urine.

Kegiatan tes urine bagi kru bus ini digelar secara serentak di dua terminal tersebut, Jumat (24/12/2021). Satu per satu sopir maupun kernet bus menyerahkan urine di dalam botol kecil dan diserahkan ke petugas.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kasat Narkoba Polres Madiun, AKP Agung Darmawan, mengatakan tes urine bagi kru bus ini bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada sopir maupun kernet yang mengonsumsi narkoba. Sehingga saat sedang mengemudikan bus tidak membahayakan para penumpang maupun pengguna jalan lainnya.

“Ini kita lakukan pemeriksaan secara acak. Dari sejumlah kru yang diperiksa, belum ada temuan para pengemudi yang positif mengonsumsi narkoba,” kata dia.

Sementara itu, Petugas Terminal Purboyo Kota Madiun, Endro Dwinoto, mengatakan pemeriksaan tes urine ini menjadi salah satu persiapan terminal dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2022. Puluhan kru bus yang transit di terminal tersebut diperiksaan secara acak oleh petugas.

Dia menuturkan pemeriksaan tes urine ini bertujuan supaya penumpang semakin nyaman dan aman.

Baca Juga: Pastikan Aman, Seluruh Gereja di Madiun Disterilisasi

“Hasilnya semua negatif. Tes urine ini setiap tahun dilaksanakan. Ini untuk memastikan kenyamanan pengguna kendaraan dan penumpang. Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menggelar tes urine ini,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya