SOLOPOS.COM - Bus listrik E-Inobus buatan Inka akan berkeliling di Bali selama satu bulan, Jumat (6/11/2020). (Istimewa/PT Inka)

Solopos.com, MADIUN — PT Industri Kereta Api (Persero) ikut serta dalam pameran virtual Hannover Messe (HM) 2021. PT Inka menampilkan Bus Listrik E-Inobus dalam pameran teknologi terbesar di dunia yang dilaksanakan secara virtual mulai Rabu-Jumat (12-16/4/2021).

Senior Manager Pengembangan Produk dan Teknologi PT Inka, Febry Pandu Wijaya, mengatakan Inka menjadi satu dari 156 perusahaan lain yang ikut serta dalam pameran HM21. Keikutserataan dalam pameran internasional ini juga untuk mendorong percepatan digitalisasi atau Making Indonesia 4.0.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Baca Juga: Turn Back Hoax: Ekstrak Nanas Obat Covid-19?

“Dalam pameran HM21 ini, Inka menampilkan Bus Listrik E-Inobus,” kata dia, Rabu (14/4/2021).

Industri 4.0

Febry menyampaikan Inka mulai menerapkan Industri 4.0 dalam proses produksinya sejak 2017. Pihaknya juga bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk merealisasikan penerapan Industri 4.0.

“Konsep Cofigurable Virtual Workstation (CVWS) telah diusulkan oleh tim ITB sebagai implementasi yang lebih sesuai dari konsep Industri 4.0 di PT Inka tanpa mengubah industri menjadi mode otomatis penuh,” terang Febry.

Baca Juga: Ini 5 Zodiak Jago Berimajinasi, Kamu Termasuk?

Lebih lanjut, dia menyampaikan konsep CVWS Industri 4.0 ini juga akan diterapkan dalam proses manufaktur bus listrik E-Inobus di PT Inka. Melalui konsep ini, pihaknya bisa memantau secara realtime, seperti kondisi shoop floor, progres produksi yang lebih akurat, jam kerja operator, dan lainnya.

“Sampai sekarang, tim IT Inka terus menyempurnakan aplikasi Industri 4.0 untuk produksi kami,” jelas dia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya