SOLOPOS.COM - Penampilan Ari Lasso dalam konser Tiga Dekade Perjalana Cinta di Edutorium Universitas Muhamadiyah Solo, Sabtu (10/6/2023). Ari Lasso menyanyikan lagu pertama Cukup Siti Nurbaya dan dilanjutkan lagu Aku Milikmu, Satu, Cintakan Membawamu lagu ciptaan musisi Ahmad Dhani yang sudah melekat oleh suara Ari lasso. Konser ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan dan kepada penggemar yang sudah memberikan dukungan penuh. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, MADIUN — Ari Lasso membuktikan kejayaannya sebagai penyanyi yang tak lekang oleh waktu. Dia merupakan penyanyi hits yang memulai kariernya sejak 1990-an.

Hingga kini, namanya masih menghiasi dunia industri musik di Indonesia dengan karya-karyanya yang fenomenal. Siapa sangka penyanyi legendaris ini lahir di Madiun, Jawa Timur.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ari Lasso memiliki nama asli Ari Bernadus Lasso. Dia lahir pada 17 Januari 1973 di Madiun. Ia merupakan anak dari pasangan Bartholomeus B. Lasso dan Sri Noerhida. Dirangkum dari beberapa sumber pada Senin (24/7/2023), Ari Lasso mengawali kariernya sebagai penyanyi dengan membentuk sebuah band yang bernama Outsider Band sewaktu sekolah di SMA Negeri 2 Surabaya bersama Piyu (gitaris Padi Reborn) dan Wawan Juniarso (eks drummer Dewa 19).

Setelah itu, Ari Lasso juga bergabung dengan Lost Angels Band, yang menjadi cikal bakal terbentuknya Boomerang. Kemudian baru pada tahun 1991, dia bergabung ke dalam Dewa 19 bersama Ahmad Dhani.

Dewa 19 merupakan band yang sukses kala itu. Hampir setiap album yang dirilis terjual ratusan ribu kopi. Saat bergabung dengan Dewa 19, Ari Lasso masih duduk di bangku perkuliahan di Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Namun, pada tahun 1994, dia memutuskan keluar dari Unair saat semester 7 karena ingin fokus bermusik.

Saat Ari Lasso menjadi vokalis dalam Dewa 19, grup band tersebut telah mengeluarkan lima album, yaitu Dewa 19 (1992), Format Masa Depan (1994), Terbaik Terbaik (1995), Pandawa Lima (1997), dan The Best of Dewa 19 (1999).

Saat perilisan Pandawa Lima (1995), hubungan Ari dengan Dewa 19 mulai merenggang. Memburuknya hubungan keduanya ditambah dengan fakta bahwa saat itu Ari mulai mengonsumsi narkoba. Kemudian barulah pada saat penggarapan album Bintang Lima (2000), Ari memutuskan untuk mengundurkan diri dari Dewa 19 yang telah membesarkan namanya.

Bintang Lima (2000) merupakan album kelima Dewa 19 yang memperkenalkan vokalis baru pengganti Ari Lasso, yaitu Elfonda Mekel atau yang dikenal dengan Once.

Setelah keluar dari Dewa 19, Ari mulai mempersiapkan album solonya. Pada tahun 2001, Ari Lasso resmi mengeluarkan album solo pertamanya berjudul Sendiri Dulu, yang ternyata sukses besar di pasaran. Dalam album Sendiri Dulu (2001), lagu andalannya Misteri Ilahi ciptaan Erwin Prasetya dan dirinya mendulang kesuksesan besar.

Dua tahun berikutnya Ari kembali merilis album yang berjudul Keseimbangan (2003) yang dibantu oleh Ahmad Dhani, Piyu, Bebi Romeo, dan beberapa rekan lainnya. Dalam album Keseimbangan (2003), lagu-lagu yang hits di Tanah Air kala itu adalah Rahasia Perempuan, Tulus, Cinta Sejati, Hampa, dan Jalanku Tak Panjang.

Selama menjadi penyanyi solo, Ari Lasso telah merilis sebanyak enam album dan sebelas single non-album. Selain menjadi penyanyi, Ari juga menjadi juri maupun presenter di beberapa acara televisi, seperti Indonesia’s Got Talent (2014), Indonesian Idol (2017-2021), Ari Lasso n Friends (2020-2021), ADA Show (2020-2021), dan lain-lain.

Sementara dalam kehidupan pribadinya, Ari Lasso memiliki istri bernama Vitta Dessy. Ari Lasso menikahi Vitta pada 8 Februari 1999 di Surabaya, Jawa Timur, dan dikaruniai empat orang anak.

Sampai saat ini, kepopuleran Ari Lasso masih mewarnai dunia industri musik di Indonesia, bahkan dengan lagu-lagu lawas miliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya