SOLOPOS.COM - Kondisi terbaru Benteng Pendem Ngawi. (Kementerian PUPR)

Solopos.com, NGAWI — Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, pekan ini. Benteng peninggalan Belanda itu akan diresmikan setelah proses revitalisasi rampung.

Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, mengatakan Presiden Jokowi dalam waktu dekat akan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Ngawi. Dalam kunjungan itu ada dua agenda utama, yakni meresmikan Benteng Pendem dan melakukan panen raya padi di Kecamatan Pangkur.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Direncanakan ada tiga lokasi yang dikunjungi Presiden Jokowi, yakni area persawahan wilayah Kecamatan Pangkur, Benteng Pendem Ngawi, dan Pendopo Wedya Graha,” ujar Bupati Ony di Ngawi, Senin (6/3/2023).

Dia menuturkan Forkopimda bersama Pemkab Ngawi mengadakan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak untuk mempersiapkan kunjungan kerja Presiden Jokowi. Rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana yang dibutuhkan saat kunjungan.

Selain itu, juga menyiapkan rute yang nanti dilalui oleh Presiden beserta rombongan serta sarpras penunjang lainnya.

“Rakor ini juga terkait pengamanan sehingga juga melibatkan anggota TNI, di antaranya dari Korem 081/DSJ. Hasil rakor sementara, Presiden akan berkunjung pada Jumat dan Sabtu nanti,” katanya.

Ony menyampaikan di wilayah Pangkur, Jokowi akan melakukan panen raya padi seluas lahan 1 juta hektare secara serentak dengan beberapa provinsi lain yang digelar secara virtual.

“Kemudian, di Benteng Pendem Ngawi, Presiden akan meresmikan lokasi wisata heritage tersebut setelah selesai direnovasi oleh Kementerian PUPR,” katanya.

Ony Anwar Harsono menambahkan kunjungan Jokowi ke Ngawi ini sekaligus untuk melihat potensi pertanian di Ngawi yang menjadi andalan pemerintah sebagai lumbung pangan nasional serta meninjau hasil revitalisasi Benteng Pendem.

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H Sugiyono mengatakan pihaknya bersama jajaran kodim dan Polri siap mengamankan kunker Presiden Jokowi selama di Ngawi.

“Rakor dan tinjauan lapangan rutin dilakukan. Melalui rakor kami terus pantau sejauh mana kesiapannya. Juga bentuk pengamanan yang akan kami lakukan,” kata Kolonel Inf H Sugiyono.

Dengan berbagai kesiapan yang dilakukan, pihaknya berharap, agenda kunker Presiden Joko Widodo di Ngawi akan dapat berjalan aman dan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya