SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pendidikan SMP (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, MADIUN — Dinas Pendidikan Kota Madiun, Jawa Timur, mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 untuk jalur kuota khusus di sejumlah sekolah, Senin (5/6/2023). Untuk jalur khusus ini, pemkot menyediakan kuota sebanyak 30% dari total pagu.

Pada hari pertama pembukaan PPDB jalur kuota khusus ini, ada tiga sekolah yang pagunya telah terpenuhi. Tiga sekolah itu adalah SMPN 8, SMPN 12, dan SMPN 14.

Promosi Lagi, Pegadaian Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Puting Beliung Sumedang

Kabid Kurikulum Pembinaan Bahasa dan Sastra Dindik Kota Madiun, Slamet Hariyadi, mengatakan jalur khusus ini diberi pagu 30 persen dari total pagu. Untuk jenjang SMPN, ada empat sekolah yang menyediakan kuota khusus ini, yaitu SMPN 8, SMPN 9, SMPN 12, dan SMPN 14. Dari empat itu, hanya SMPN 9 yang masih ada pagu belum terisi.

Dia menyampaikan jumlah pendaftar jalur khusus pada hari pertama di SMPN 8 sebanyak 62 siswa dari kuota 54 siswa. Pendaftar SMPN 12 sebanyak 88 siswa dari kuota 72 siswa. Sedangkan di SMPN 14 sebanyak 53 siswa dari kuota 36 siswa.

“Sedangkan di SMPN 9 hari ini jumlah pendaftar ada 32 siswa dari pagu 54 siswa. Jadi masih ada sisa,” kata dia, Senin.

Hariyadi menuturkan pihak sekolah akan melakukan seleksi. Proses seleksi yang akan dilakukan yaitu dengan memilih siswa yang melaksanakan pendaftaran terlebih dahulu. Sedangkan sisanya yang tidak lolos pada jalur offline akan diarahkan mengikuti pendaftaran jalur online yang dibuka mulai 9 Juni 2023.

Kepala SMPN 14 Madiun, Sujitno, menyampaikan calon peserta didik yang tidak lolos seleksi jalur offline tidak berkecil hati dan bisa berpartisipasi dalam seleksi online.

Kuota khusus dalam PPDB Kota Madiun 2023 dibuka untuk memfasilitasi pendaftar dari luar kota agar bisa bersekolah di dalam kota. Pendaftaran jalu kuota khusus dibuka secara offline di masing-masing sekolah itu hingga 7 Juni 2023.

Selain empat SMPN tersebut, kuota khusus ini juga dibuka untuk 10 SD, yaitu SDN 02 Taman, SDN 02 Winongo, SDN Kejuron, SDN 02 Kartoharjo, SDN Sukosari, SDN 01 Kanigoro, SDN 01 Madiun Lor, SDN Kuncen, SDN 03 Josenan, dan SDN 01 Demangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya