SOLOPOS.COM - Panitia PPDB Online SMKN 1 Ponorogo menunggu calon peserta didik baru yang akan mendaftar, Selasa (4/7/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

PPDB 2017, ratusan calon peserta didik berebut kursi di sekolah favorit di Ponorogo.

Madiunpos.com, PONOROGO — Ratusan calon peserta didik mulai mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di sejumlah SLTA di Ponorogo. Mereka mulai berebut untuk mendapat kursi di sekolah favorit yang menjadi incaran.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pantauan Madiunpos.com di SMKN 1 Ponorogo, Selasa (4/7/2017) pagi, sejumlah panitia PPDB online sekolah tersebut menunggu calon peserta didik yang hendak mendaftar. Panitia lebih banyak duduk karena pendaftaran PPDB bisa dilakukan secara online tidak harus datang ke sekolah.

Panitia PPDB online SMKN 1 Ponorogo, Djoko Susilo, mengatakan pendaftaran PPDB online mulai dilaksanakan pada Senin (3/7/2017) pukul 00.00 WIB hingga Kamis (6/7/2017) pukul 24.00 WIB. Pendaftaran bisa dilakukan di mana saja secara online. Namun, pihak sekolah memfasilitasi pendaftar yang hendak mendaftar di SMKN 1 Ponorogo.

Dia menuturkan pada hari pertama dibuka, jumlah pendaftar secara online sebanyak 375 orang dan hingga hari kedua pendaftar sudah bertambah menjadi 398 orang. Kuota kursi yang disediakan di SMKN 1 Ponorogo pada PPDB tahun 2017 ini sebanyak 540 murid.

Dari jumlah kursi yang disediakan, kata dia, calon peserta didik yang telah dipastikan lolos ada 71 orang. Mereka merupakan calon peserta didik yang diterima dari jalur prestasi, Bidik Misi, dan jalur mitra warga.

Menurut dia, SMKN 1 Ponorogo baru mulai melaksanakan PPDB online tahun ini dan pemberlakuan sistem ini lebih simpel. Calon peserta didik baru tidak harus datang ke sekolah tujuan untuk mendaftar, tetapi bisa mendaftar di rumah atau di warung internet.

Namun, pemberlakuan sistem baru ini membuat calon peserta didik baru juga kebingungan saat hendak mengakses pendaftaran. Tidak jarang, mereka juga bertanya kepada panitia untuk proses pendaftaran tersebut.

Pada hari pertama pendaftaran, koneksi internet di sekolah ini juga sempat ngadat. Tetapi, tidak lama setelah itu koneksi bisa kembali normal.

“Kami menyediakan 180 komputer untuk PPDB online ini. Tetapi yang digunakan paling 30 komputer saja,” kata dia.

Ketua PPDB SMAN 1 Ponorogo, Sukardi, mengatakan jumlah pendaftar peserta didik di SMAN 1 Ponorogo pada Selasa hingga pukul 12.30 WIB sebanyak 423 orang. Padahal untuk pagu PPDB online di SMA ini hanya 377 orang.

“Pendaftarnya membeludak, sampai saat ini sudah melebihi pagu. Selain dari PPDB online, kami juga ada dari jalur prestasi, bidik misi, dan mitra warga,” kata dia saat ditemui di ruang kerjanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya