SOLOPOS.COM - Konsep pembangunan Pondok Lansia Kota Madiun. (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kota Madiun bakal membangun pondok khusus bagi warga lanjut usia (lansia) pada tahun ini. Pemkot juga bakal menyiapkan anggaran senilai Rp5 miliar di Perubahan Anggaran Kaungan (PAK) 2022.

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan pondok lansia ini bakal dibangun di sekitar lapak UMKM Bumi Semendung, Kecamatan Kartoharjo. Pemerintah sudah menyiapkan lahan seluas 2 hektare untuk pembangunan pondok tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Ini menggunakan lahan bengkok aset pemkot. Untuk saat ini sedang proses membangun jalannya,” kata dia, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga: Ini Asal Nama Gulun, Salah Satu Tempat Populer di Kota Madiun

Maidi menyampaikan pembangunan pondok lansia ini bertujuan untuk memfasilitasi para lansia yang ada di Kota Madiun. Khususnya bagi lansia yang selama ini tidak terawat.

Terdata ada 179 warga lansia di Kota Madiun yang sudah renta dan butuh perawatan. Sedangkan saat ini belum ada tempat khusus untuk merawat warga lansia.

Harapannya dengan dibangunnya pondok ini bisa mensejahterakan lansia. Nantinya di pondok lansia juga disediakan petugas khusus yang merawat mereka.

Lebih lanjut, Maidi menyampaikan di kawasan pondok lansia ini juga akan dibangun berbagai fasilitas yang menunjang kesehatan, seperti rumah ibadah, lokasi olahraga, dan taman.

Baca Juga: Wali Kota Madiun Launching Gerakan 5.500 Pengkhatam Al-Qur’an

“Konsepnya, lansia laki-laki dan perempuan dipisah kanan dan kiri. Kemudian tengahnya ada masjid dna air mancur,” jelasnya.

Ditargetkan pembangunan pondok lansia ini bisa rampung tahun ini. Sehingga awal tahun 2023 sudah bisa digunakan untuk merawat lansia yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya