SOLOPOS.COM - Ilustrasi upacara pemecatan polisi. (JIBI/Solopos/Dok.)

Polresta Madiun terus mencoba menekan angka pelanggaran disiplin.

Madiunpos.com, MADIUN — Sembilan anggota Kepolisian Resor (Polres) Kota Madiun, Jawa Timur tercatat melanggar disiplin kerja dan hukum selama periode tahun 2015. Kapolres Kota Madiun AKBP Agus Yulianto menyatakan pelanggaran yang dilakukan kesembilan anggotanya itu didominasi oleh pelanggaran kedinasan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Kebanyakan karena pelanggaran kedinasan, seperti tidak masuk kerja. Namun ada juga yang pelanggaran pidana,” aku AKBP Agus Yulianto kepada wartawan di Madiun Selasa (29/12/2015).

Menurut dia, dari sembilan anggota tersebut, terdapat satu anggota di antaranya yang telah diberhentikan dengan tidak hormat alias dipecat karena tersangkut kasus penipuan dan penggelapan. “Yang bersangkutan sudah dipecat dan saat ini sudah ditahan di LP Madiun. Serta masih ada satu anggota lagi yang diperiksa Propam karena kasus KDRT,” kata dia.

Demi menekan kasus pelanggaran kode etik dan pidana, kedepannya para polisi di lingkup wilayah Polres Kota Madiun diimbau mencegah agar tidak ada lagi yang melanggar bahkan terlibat tindak pidana.

Diklaim Menurun
Kapolresta Agus Yulianto lalu menjelaskan catatan Polres Madiun Kota menyebutkan kasus disiplin dan kode etik yang ditangani kepolisian setempat pada 2015 ini sejatinya menurun jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2012 tercatat 16 kasus, tahun 2013 hanya tiga kasus, tahun 2014 mencapai sembilan kasus, dan tahun 2015 ini juga sembilan kasus.

Pihaknya berharap sebagai penegak hukum, anggota kepolisian di wilayah hukum Polres Madiun Kota dapat menjaga kedisiplinan dan menjadi teladan masyarakat dalam penegakan hukum. “Aparat kepolisian harus memberi contoh yang baik di masyarakat. Sudah seharusnya penegak hukum menjadi teladan dalam penegakan hukum di kehidupan sehari-hari,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya