SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Polda Jawa Timur, Selasa (19/3/2019) , mengadakan simulasi sistem pengamanan dalam kota (sispam kota) di lapangan Makodam V Brawijaya guna mengantisipasi kerawanan saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, 17 April.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyatakan simulasi yang digelar menunjukkan kesiapan Polda dalam mengamankan dan memastikan pesta demokrasi di wilayah itu berjalan lancar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Untuk Pemilu tahun ini semua tahapan kami waspadai karena Pemilu tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Ada tiga pola yang satu pola rawan rawan 1 dan sangat rawan ya. Di TPS (tempat pemungutan suara) akan ada satu anggota dan dibagi bagi semua yang sesuai dengan daerah mana yang rawan,” katanya.

Setiap pasukan nantinya akan dibagi per koordinator wilayah (korwil). Masing-masing Korwil ini akan digeser apabila masing-masing wilayah membutuhkan bantuan pasukan, baik TNI maupun Polri.

“Tanggal 22 Maret kami gelar pasukan secara nasional. Pelaksanaan Pilkada serentak 2018 kemarin, Jatim aman dan mudah-mudahan untuk Pemilu 2019 aman dan lancar,” ujarnya.

Simulasi sispam kota tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi serta tim sukses calon presiden.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan provinsi yang dipimpinnya butuh pengamanan berlapis dan berjenjang, termasuk kesiapsiagaan masyarakat.

“Jadi kalau ada 130.010 TPS, bisa membayangkan kalau kemudian proses penghitungannya bisa sampai dini hari. Tentu dari seluruh pemerintah kabupaten/kota, terutama juga Pemprov harus mengoordinasikan detail dengan PLN untuk memastikan tidak ada mati lampu sehingga harus melakukan kesiapsiagaan,” ucapnya.

Khofifah mengingatkan Pemilu kali ini berbeda dengan Pilkada 2018, karena akan melibatkan banyak orang. Itu tidak terlepas dari digelarnya pemilihan legislatif dan pemilihan presiden secara bersamaan.

“Saya ingin mengajak adalah bagaimana dalam pengamanan masyarakat tim dari Polda dan TNI bekerja sama. Selain itu juga seluruh partai pengusung harus ikut untuk menjamin keamanan dan kelancaran Pemilu di Jatim,” ucap mantan Menteri Sosial itu.

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi menegaskan, semua kekuatan TNI juga siap untuk mendukung pengamanan pemilu.

Wisnoe mengungkapkan kekuatan yang diterjunkan TNI adalah 2/3 kekuatan polisi yakni 17.000. Dengan rincian 14.000 TNI AD, 2.500 dari TNI AL dan 1.000 dari AU.

“Tapi semua kekuatan kalau dibutuhkan ya siap,” katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya