SOLOPOS.COM - Gelar pasukan pengamanan pilkades se-Kabupaten Madiun di Mapolres Madiun, Kamis (8/10/2015). (tribratanews.my.id)

Pilkades Madiun diduga tak luput dari konflik, 1.500 aparat keamanan pun disiagakan.

Madiunpos.com, MADIUN — Polres Madiun akan menyiagakan 1.500 personel gabungan untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan umum kepala desa (pilkades) yang pemungutan suaranya dijadwalkan serentak pada 11 Oktober 2015 di seluruh wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Ribuan personel tersebut merupakan gabungan dari unsur Polri, TNI, Brimob, Satpol PP, dan Linmas,” terang Kapolres Madiun AKBP Tony Surya Saputra seusai gelar pasukan pengamanan pilkades serentak bersama Forpimda Kabupaten Madiun di Mapolres Madiun, Kamis (8/10/2015).

Menurut dia, meskipun hanya di tingkat desa, namun pilkades juga memiliki potensi untuk terjadi konflik ataupun kerusuhan. Untuk itu, kata dia, seluruh pasukan yang ada harus bersinergi dalam menjaga keamanan sehingga pilkades serentak di 144 desa dapat berjalan lancar.

Ia menjelaskan, sejauh ini, situasi kamtibmas di Kabupaten Madiun, terlebih di 144 desa yang akan menggelar pilkades, tergolong kondusif. Meski demikian, ia mengimbau masyarakat yang desa mereka akan menggelar pemilihan umum kepala desa untuk menjunjung tinggi demokrasi. Kalaupun ada pihak yang nantinya tidak puas dengan hasil pilkades, pesannya, sebaiknya menempuh jalur resmi sesuai aturan dan bukannya bertindak anarkistis.

Dalam gelar pasukan pengamanan tersebut, Bupati Madiun Muhatrom menyempatkan diri memakaikan topi kepada perwakilan Babinsa, Babinkamtibmas, dan Linmas peserta pengamanan pilkades serentak 2015 di Kabupaten Madiun. Pemakaian topi tersebut merupakan tanda kesiapan pengamanan pilkades siap digelar.

Sesuai data Pemkab Madiun, pada 11 Oktober 2015, terdapat 144 desa di Kabupaten Madiun yang menggelar pemungutan suara pilkades secara serentak. Bupati Madiun dan semua pihak berharap agar pilkades serentak di wilayah Kabupaten Madiun tersebut berjalan aman dan lancar.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya