SOLOPOS.COM - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat melakukan pengecekan pos pelayanan terpadu di Terminal Purabaya Surabaya, Selasa (18/4/2023). (ANTARA/Umarul Faruq)

Solopos.com, SURABAYA — Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memberikan atensi terhadap arus mudik Lebaran 2023 di wilayah Jawa Timur. Perwira tinggi Polri pun diterjunkan untuk memantaunya.

“Untuk pelayanan wilayah mudik, Jatim termasuk wilayah mudik terbesar. Ada perwira tinggi Mabes [Polri] yang diterjunkan untuk memantau langsung. Apabila ada hal perlu di-back-up segera bisa dikoordinasikan,” kata Kapolri saat melakukan pengecekan pos pelayanan terpadu di Terminal Purbaya Surabaya, Selasa (18/4/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sigit mengatakan untuk rekayasa lalu lintas selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 akan dilakukan oleh Korlantas Polri dan Kepolisian Daerah, sehingga diharapkan kegiatan mudik dapat dikawal dengan baik.

“Tadi siang kami melaksanakan one way mulai dari Ciikampek sampai Semarang dan dilanjutkan ke Jatim, semua dipantau,” katanya.

Mabes Polri juga memantau langsug arus mudik baik jalan tol dan arteri di seluruh wilayah untuk memastikan semua terawasi dan anggota di lapangan benar-benar siap.

“Kami mengimbau masyarakat yang mudik untuk hati-hati di jalan. Jika mengantuk atau capek jangan dipaksakan, ada rest area gunakan untuk istirahat,” katanya.

Selain itu, bagi para pemudik yang akan meninggalkan rumah untuk menyampaikan ke petugas Polri/TNI sehingga petugas bisa melakukan patroli-patroli ke rumah yang kosong.

“Kami ingin masyarakat mudik dengan tenang karena TNI dan Polri selalu siap mengamankan,” katanya.

Sementara itu, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menambahkan TNI akan diterjunkan untuk turut mengamankan pelaksanaan Sholat Id selama dua hari yakni tanggal 21 dan 22 April 2023.

“Tugas kami mengamankan saat Sholat Id pada tanggal 21 ada 22 April 2023. Tugas kami mengamankan keduanya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya