SOLOPOS.COM - Traktor bantuan pemerintahan Jokowi dibagikan di Jombang, Jumat (8/5/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Syaiful Arif)

Pertanian Ngawi, Gapoktan Tani Makmur Ngawi menjadi salah satu nominator di ajang lomba Gapoktan Teladan Nasional.

Madiunpos.com, NGAWI — Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tani Makmur Desa Kartoharjo, Kecamatan/Kabupaten Ngawi, masuk menjadi salah satu nominator Gapoktan Teladan tingkat Nasional 2016. Gapoktan Tani Makmur telah menjalani verifikasi dari tim penilai dari Kementerian Pertanian, Rabu (27/6/2016).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketua Tim Verifikasi Lomba Gapoktan Teladan, Sri Widji Astuti, mengatakan verifikasi Gapoktan Tani Makmur dilakukan karena telah mengirimkan profil mengenai Gapoktan itu kepada tim penilai. Menurut dia, profil yang dikirimkan Gapoktan Tani Makmur sangat bagus dan bisa dijadikan contoh untuk Gapoktan lain di Indonesia.

Sri menyampaikan penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas serta mensejahteran petani yang ikut dalam kelompok tani yang ada di Gapoktan Tani Makmur. Dia menuturkan selain Gapoktan Tani Makmur, sebenarnya ada dua nominator lain yang juga memiliki profil yang sangat baik serta memiliki banyak kegiatan.

Menurut dia, Gapoktan Tani Makmur yang memiliki program unggulan yakni membuat pupuk organik sendiri dalam memenuhi kebutuhan kelompok tani menjadi nilai plus. “Dengan program unggulan tersebut tentu akan mempermudah menjadi juara dan menjadi Gapoktan Teladan tingkat Nasional,” kata dia yang dikutip Madiunpos.com dari laman ngawikab.go.id, Jumat (1/7/2016).

Dia menegaskan ketika menjadi juara dalam lomba ini, nantinya profil Gapoktan Tani Makmur akan dijadikan buku yang disebarluaskan di seluruh Indonesia.

Wakil Bupati Pacitan, Ony Anwar, mengapresiasi kinerja anggota Gapoktan Tani Makmur yang menjadi nominator dalam Gapoktan Teladan Nasional. Menurut Ony, dengan adanya penilaian ini berarti menjadi perhatian pemerintah pusat terhadap kelompok tani untuk semakin semangat dalam mewujudkan salah satu program pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

“Kami berharap semoga Gapoktan Tani Makmur bisa menjadi juara dan menjadi contoh bagi Gapoktan lain di Indonesia,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya