SOLOPOS.COM - Anak-anak di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Pacitan, membaca buku di Perpustakaan Cahaya di desa setempat, Kamis (12/5/2016). (pacitankab.go.id)

Perpustakaan Pacitan yakni di Desa Gemaharjo nomine 10 besar perpusatakaan desa terbaik tingkat Jawa Timur.

Madiunpos.com, PACITAN — Perpustakaan Cahaya dari Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Pacitan masuk daftar nominasi 10 besar perpustakaan terbaik tingkat Provinsi Jawa Timur.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Perpustakaan Cahaya ini merupakan perpustakaan pertama di Pacitan yang bisa menembus di tingkat provinsi.

Kepala Desa Gemaharjo, Wahyu Pudjiono, mengatakan Perpustakaan Cahaya memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung, seperti ruang perpustakaan yang luas, ruang baca representatif, hingga fasilitas sambungan Internet gratis.

Perpustakaan Cahaya memiliki koleksi buku sebanyak 4.500 eksemplar dengan berbagai judul. Selain itu, di perpustakaan desa tersebut juga tersedia taman bacaan dan alat permainan peraga bagi anak-anak pendidikan anak usia dini (PAUD).

“Kami menyediakan akses Internet secara gratis dan bisa diakses oleh siapa pun. Ini supaya masyarakat bisa menggunakan internet untuk kegiatan positif dan mengakses informasi yang bisa menambah wawasan,” kata dia saat dikunjungi tim penilai Perpustakaan Terbaik dari Pemprov Jawa Timur, Kamis (12/5/2016).

Dia menambahkan Perpustakaan Cahaya ini berada di samping Kantor Desa Gemaharjo, sehingga mudah dijangkau masyarakat.

“Perpustakaan Cahaya ini juga berada di dekat fasilitas umum seperti sekolah dan pasar desa, untuk itu masyarakat yang ingin membaca buku bisa ke perpustakaan,” kata dia.

Ketua Tim Penilai Lomba Perpustakaan Terbaik tingkat Jatim, Elmina, menyampaikan pihaknya melakukan verifikasi faktual untuk melihat kondisi Perpustakaan Cahayan di Desa Gemaharjo.

Dari 10 nomine tersebut, dia akan memilih satu perpustakaan yang dinilai paling baik untuk diikutkan penilaian tingkat nasional.

“Kami melakukan verifikasi ini untuk memastikan kondisi perpustakaan sesuai dengan proposal yang diajukan apa tidak,” kata dia yang dikutip Madiunpos.com dari laman pacitankab.go.id, Jumat (13/5/2016).

Menurut dia, secara umum 10 perpustakaan dinilai memiliki koleksi buku yang cukup lengkap dan tingkat kunjungan yang cukup tinggi. Tetapi, hal itu belum cukup, harus ada sesuatu yang kreatif dan inovatif dari pengelola perpustakaan supaya bisa masuk di tingkat provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya