SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas di perpustakaan (smapas7bdg.blogspot.com)

Perpustakaan Kediri semakin diminati pencinta buku seiring penambahan koleksi uku baru.

Madiunpos.com, KEDIRI — Kantor Perpustakaan Daerah Kota Kediri, Jawa Timur menyediakan sekitar 3.000 judul buku baru yang direalisasikan dalam pengadaan buku baru 2015 senilai Rp150 juta.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Kediri Yoyok Susetyo, Selasa (6/10/2015), mengemukakan jumlah koleksi buku di perpustakaan kota saat ini sekitar 33.000 dengan beragam judul. Dengan anggaran baru, berarti koleksi buku akan bertambah sekitar 3.000 judul buku.

“Buku baru itu sebagian dipajang dan sebagian disimpan di gudang untuk persiapan taman baca,” katanya saat dimintai konfirmasi.

Ia mengatakan tingkat kunjungan di Perpsda Kota Kediri mulai ada peningkatan. Sebelumnya, jumlah kunjungan hanya sekitar 30 orang/hari, saat ini sudah ada kenaikan sampai 70 orang/hari.

Pengunjung, menurut Yoyok, berminat membaca buku dengan beragam judul yang merupakan koleksi di perpustakaan daerah.

Yoyok mengatakan setiap tahun memang selalu menganggarkan untuk buku baru nonkurikulum. Buku baru yang banyak dipesan adalah tentang fiksi dan berbagai bacaan anak-anak.

Koordinasi Antarperputakaan
Ia juga mengatakan, mengadakan beragam kegiatan salah satunya rapat koordinasi dengan pengelola perpustakaan sekolah baik tingkat taman kanak-kanak sampai sekolah menengah atas (SMA). Rapat koordinasi itu diikuti 53 pengelola perpustakaan di seluruh sekolah.

Yoyok mengatakan dalam rapat tersebut membahas berbagai potensi antarperpustakaan, koleksi nonkurikulum, serta kondisi perpustakaan di setiap sekolah. Dengan demikian ia bisa mengetahui langsung kondisi perpustakaan sekolah yang ada di Kota Kediri.

“Dalam rakor dibahas tentang potensi antarperpustakaan, koleksi yang nonkurikulum, sehingga bisa mengetahui kebutuhan sekolah itu apa saja yang bisa kami bantu,” katanya.

Pinjami Perpustakan Sekolah
Ia juga menambahkan, belum semua perpustakaan mempunyai koleksi buku, terutama nonkurikulum yang cukup untuk memenuhi kebutuhan buku bacaan bagi pelajarnya.

Pemerintah daerah juga tidak tinggal diam dengan kondisi perpustakaan sekolah yang ada di Kota Kediri. Sejumlah program diberikan, di antaranya dengan pemberian pinjaman buku ke perpustakaan yang membutuhkan.

Ia berharap, dengan berbagai koleksi baru tersebut, semakin menarik minat masyarakat di Kota Kediri untuk membaca buku. “Kalau hibah, belum ada aturan, sehingga kami bisanya memberikan pinjaman,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya