SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Perayaan imlek di Kota Madiun dijamin keamanannya. Selain aparat, sejumlah pesilat dan banser juga ikut bersiaga.

 

Promosi Pegadaian Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Kencang Rancaekek-Jatinangor

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Kepala Kepolisian Resor Madiun Kota, Jawa Timur, AKBP Farman, menjamin perayaan tahun baru China atau Imlek tahun 2015 di wilayah hukumnya berjalan lancar dan kodusif.

 

“Dari hasil deteksi dini yang dilakukan jajaran kepolisian, tidak ditemukan indikasi yang mengarah pada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar AKBP Farman kepada wartawan, Senin (16/2/2015).

 

Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau seluruh jajarannya untuk siaga di sejumlah tempat keramaian dan rawan yang telah ditentukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Ia juga meminta masyarakat untuk saling menghormati perbedaan antarumat beragama agar tidak terjadi gesekan ataupun konflik sosial.

 

Lebih lanjut Farman menjelaskan, untuk mengamankan perayaan Imlek di Kota Madiun, pihaknya akan menyiagakan sebanyak 300 anggota atau personelnya.

 

Jumlah tersebut masih ditambah lagi dengan bantuan pengamanan dari pihak TNI, Banser, dan anggota pencak silat yang totalnya mencapai 50 orang.

 

“Untuk pengamanan kami melibatkan TNI, Banser, dan pencak silat. Jadi kurang dan lebihnya ada sekitar 350-an personel,” kata dia.

 

Sementara, para petugas Tri Darma Hwie Ing Kiong Kota Madiun juga telah melakukan beberapa persiapan menjelang Imlek. Di antaranya dengan melakukan pembersihan patung-patung lambang dewa mereka.

 

“Pembersihan patung tersebut bertujuan agar saat perayaan Imlek nanti dapat berjalan lancar dan aman,” kata Humas Klenteng HwieIng Kiong Madiun, Lianawati.

 

Menurut dia, jumlah patung yang telah dibersihkan mencapai 50 patung. Sesuai tradisi, petugas membutuhkan waktu hingga empat hari untuk membersihakn patung-patung tersebut sebelum perayaan Imlek dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya