SOLOPOS.COM - Warga beribadah di TITD Hwie Ing Kiong Madiun saat perayaan Imlek, Selasa (1/2/2022). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Perayaan Imlek di Tempat Ibadah Tri dharma (TITD) Hwie Ing Kiong Madiun berlangsung lancar, Selasa (1/2/2022). Puluhan orang silih berganti mendatangi klenteng yang ada di Jl. Cokroaminoto, Kota Madiun itu.

Pantauan di lokasi, sejumlah orang mendatangi tempat ibadah itu mulai pagi. Rata-rata mereka yang datang adalah rombongan satu keluarga. Warga yang datang kemudian menyalakan dupa dan mulai melakukan ibadah.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Meski ramai, tetapi perayaan Imlek di klenteng tersebut tidak menimbulkan kerumunan. Karena yang datang ke tempat itu silih berganti. Tidak ada kegiatan ibadah yang bersifat bersama-sama.

“Untuk ibadah pada hari ini memang dilakukan sendiri-sendiri. Sedangkan untuk ibadah bersama-sama dari pengurus dan simpatisan sudah dilakukan pada Senin malam,” jelas Agung Hartono, Dewan Kehormatan TITD Hwie Ing Kiong Madiun, seusai beribadah.

Baca Juga: Pemkot Madiun Datangkan Tim Ahli dari Solo untuk Bongkar Bong Cino

Agung menuturkan untuk kegiatan doa dan ibadah secara perseorangan di klenteng ini bisa dilakukan sampai perayaan Cap Go Meh. Untuk jam buka klenteng mulai pukul 05.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Dia menuturkan kegiatan sembahyang masing-masing orang pun berbeda-beda. Tergantung aliran yang dianut.

“Di sini kan memang ada yang aliran Tao, Konghucu, dan aliran Budha. Jadi mau ke Budha saja boleh, mau ke Tao saja boleh,” kata dia.

Baca Juga: Pastikan Perayaan Imlek Aman, Kelenteng di Madiun Disterilisasi

Doa apa yang dipanjatkan pada perayaan Imlek ini, Agung berharap pandemi Covid-19 bisa segera rampung. Menurutnya, selama ini pandemi sudah menghambat segalanya.

Karena masih dalam kondisi pandemi, pengurus klenteng pun tidak menggelar kegiatan yang bersifat ramai-ramai yang bisa menimbulkan kerumunan.

“Kami sudah dua tahun tidak melaksanakan kegiatan yang ramai-ramai,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya