SOLOPOS.COM - Petugas gabungan melakukan penyekatan terhadap pengendara yang akan masuk ke wilayah Madiun, Kamis (1/9/2022). (Abdul Jalil/Solopos.com)

Solopos.com, MADIUN — Ribuan anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) diperkirakan akan mengikuti perayaan 100 tahun atau 1 Abad PSHT di Padepokan Agung Jl. Merak, Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (1/9/2022).

Puncak perayaan 1 Abad PSHT di Kota Madiun akan berlangsung selama dua hari Kamis-Jumat (1-2/9/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Untuk menjaga kondusivitas selama gelaran itu berlangsung, aparat dari Polres Madiun melakukan penyekatan bagi pengendara yang masuk wilayah Madiun. Ada sebelas pos penyekatan untuk memantau seluruh pengguna jalan.

Sebelas titik penyekatan itu berada di Nampu, Buduran, Muneng, Dumpil, Nglames, Sendangrejo, Wungu, Kanigoro, Kaibon, dan Mlilir.

Baca Juga: Puncak Perayaan 1 Abad PSHT, Ratusan Personel Disigiakan di Kota Madiun

Kasatlantas Polres Madiun, AKP Firman Widyaputra, mengatakan seluruh kendaraan baik roda dua, roda empat, bahkan kendaraan umum akan dilakukan pemeriksaan jika melewati pos penyekatan tersebut. Penyekatan ini dilakukan untuk kelancaran kegiatan 1 Abad PSHT.

“Karena ini ada kegiatan besar, supaya acaranya berjalan lancar, kondusivitas tetap terjaga, dan memfilter antisipasi adanya alkohol, senjata tajam, yang memicu konflik di wilayah Madiun. Sehingga dilakukan penyekatan,” jelas dia.

Firman menyampaikan pemeriksaan dilakukan selama 24 jam full dengan personel gabungan dari TNI, Polri, BPBD, dan unsur lainnya.

Baca Juga: Cerita Mbah Misdi, Penari Jathil yang Jadi Perajin Miniatur Reog Ponorogo

Dalam gelaran akbar ini, Polres Madiun mendapatkan tugas mengawal ring 2 dan ring 3, yakni lalu lintas kendaraan yang masuk ke Kabupaten Madiun dan keluar menuju Kota Madiun seperti di Nglames, Kecamatan Madiun dan Desa Kaibon, Kecamatan Geger.

“Selain di perbatasan, kami juga melakukan penyekatan di titik kerawanan yang pernah terjadi [bentrok] sebelumnya. Seperti di Exit Tol Dumpil,” jelas Firman.

Penyekatan bukan hanya dilakukan oleh Polres Madiun saja, tetapi polres sekitar Madiun juga melakukan penyekatan selama gelaran ini berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya