SOLOPOS.COM - Sejumlah tentara anggota Kodim 0803/Madiun menanam bibit pohon di kawasan Gunung Kendil, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (12/1/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Penghijauan Madiun digagas Kodim 0803/Madiun demi membikin asri kawasan Gunung Kendil yang juga menjadi lokasi lapangan tembak mereka.

Madiunpos.com, MADIUN — Jajaran Kodim 0803/Madiun menggagas penghijauan di kawasan Gunung Kendil, Selasa (12/1/2016). Bersama polisi, aparatur pemkab dan Perhutani, serta warga sekitar mereka menanam 750 bibit pohon di seputaran Lapangan Tembak Pilangrejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Tujuan utama dari penanaman pohon ini adalah untuk menjaga ekosistem yang ada di kawasan Gunung Kendil yang tergolong gersang. Diharapkan dengan pohon yang ditanam tersebut tumbuh sehingga dapat berfungsi menyimpan air agar tidak terjadi kekeringan di musim kemarau dan banjir di musim hujan,” ujar Komandam Kodim 0803/Madiun Letkol Inf Rahman Fikri, kepada wartawan di Madiun.

Menurut dia, penanaman bibit pohon tersebut juga merupakan instruksi dari Mabes TNI AD yang mewajibkan anggotanya melakukan penghijauan sebagai wujud kepedulain terhadap lingkungan. “Bibit yang kami tanam merupakan sumbangan dari Pemerintah Kabupaten Madiun dan Perum Perhutani di wilayah Rayon II Madiun. Meliputi bibit pohon mahoni dan trembesi,” kata dia.

Ia menjelaskan kawasan Gunung Kendil sengaja dipilih sebagai lokasi penanaman sebab, selain tandus, lokasi tersebut juga berpotensi menjadi tempat wisata alam yang jika digarap serius dapat mendatangkan pemasukan bagi pemerintah daerah setempat. “Selama ini lokasi Gunung Kendil sering digunakan sebagai tempat olahraga ekstrem karena medannya yang menantang. Jika asri, maka bisa menjadi potensi bagi Pemkab Madiun,” tambahnya.

Bupati Madiun Muhtarom menyambut baik agenda penanaman ratusan bibit pohon yang dilakukan oleh Kodim 0803/Madiun beserta jajarannya tersebut. Sebab, keberadaan pohon sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. “Menanam pohon sangat penting. Sebab, kesadaran menanam pohon oleh masyarakat masih rendah. Diharapkan dengan kegiatan serupa dapat menjadikan lingkungan lebih baik lagi,” kata Bupati Muhtarom sebagaimana dilansir Kantor Berita Antara.

Menembak Bersama
Pihaknya juga berharap bibit pohon yang ditanam tersebut dapat tumbuh dengan baik sehingga menjadi pohon yang kokoh dan sebagai pelindung bumi.

Acara penanaman pohon yang digagas oleh Kodim 0803/Madiun tersebut selain dihadiri oleh Forpimda Kabupaten Madiun, juga dihadiri oleh jajaran Kodim setempat, Administratur KPH Perhutani Rayon II Madiun. Setelah penanaman pohon, acara dilanjutkan dengan menembak bersama sebagai ajang silaturahim dengan para anggota Forpimda Kabupaten Madiun dan jajarannya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya