SOLOPOS.COM - Kepala Dinkes Kota Madiun, Agung Sulistya Wardani, memberi imunisasi polio kepada salah satu anak balita di area CFD Madiun, Minggu (13/3/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 di Kota Madiun baru menjaring 6.703 anak balita.

Madiunpos.com, MADIUN — Hingga hari kelima pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2016 atau Sabtu (12/3/2016), jumlah anak di bawah lima tahun (balita) Kota Madiun yang telah terimunisasi baru 6.703 anak

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Angka tersebut baru sekitar 60% dari total sasaran PIN polio di Kota Madiun sebanyak 11.172 anak. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Madiun, Agung Sulistya Wardani, saat menggelar pos pelayanan PIN Polio 2016 di area car free day (CFD) Jl. Pahlawan, Kota Madiun, Minggu (13/2/2016).

Wardani menyampaikan Pemkot optimistis target 100% anak balita di Kota Madiun akan terimunisasi bisa tercapai hingga program ini selesai pada Selasa (15/3/2016).

Selain itu, pada Rabu hingga Jumat (16-18/3/2016) petugas Dinkes juga akan melakukan pengecekan di rumah warga yang terindikasi belum mengimunisasi anak balitanya.

“Saat ini seluruh petugas yang disiagakan di pos pelayanan PIN Polio 2016 siaga untuk menerima anak balita yang ingin diimunisasi. Kami optimistis bisa tercapai target seluruh anak balita di Madiun akan terimunisasi,” kata dia.

Dia mengatakan Pemkot menyediakan 438 pos pelayanan PIN Polio 2016 di Kota Madiun. Pos pelayanan tersebut berdiri di Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Posyandu, lembaga pendidikan PAUD, dan lembaga pendidikan TK.

Selain itu, pos pelayanan juga dibuka di tempat umum seperti di Mal Suncity Madiun, Sri Ratu, dan Pasar Besar Madiun.

Lebih lanjut, Wardani menyampaikan pemberian imunisasi polio kepada anak balita ini bertujuan mengurangi risiko penularan virus polio, memastikan tingkat kekebalan tubuh masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi, dan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada anak balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.

“Sebenarnya pemberian imunisasi polio ini tidak hanya diberikan pada saat program PIN Polio 2016 saja. Tetapi, pemberian imunisasi polio juga dilakukan secara rutin di tingkat Puskesmas. Sejauh ini, masyarakat Kota Madiun sadar atas pentingnya imunisasi polio,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya